Ruang Sederhana Berbagi

Kamis, Januari 28, 2016

Hal Menarik Di Lokasi Tambang Bawah Tanah PT Freeport Indonesia Dan Cerita Lainnya

Saya pernah mengunjungi sebuah pertambangan tradisional di sebuah daerah di Selatan Garut. Ketika itu sedang menjamur pertambangan emas rakyat karena ada cerita desas-desus dari satu mulut ke mulut lainnya tentang potensi emas di daerah tersebut. Saya penasaran dengan tambang bawah tanah yang mereka lakukan. Dengan peralatan sederhana kemudian saya memasuki sebuah lubang berdiameter 2 kali dengan pinggir kiri dan kanan diberi konstruksi dari kayu dan bambu agar tanah tidak longsor kemudian menutupi lubang tersebut. Hal tentu berbeda dengan cerita di lokasi tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.
Di tambang tradisional yang terjadi adalah lutut ditekuk dan pergerakan antara satu penambang dengan penambang lainnya sangat terbatas. Untuk bisa melewati satu sama lain harus menyingkir atau menggeser badannya. Penerangan seadanya dari lampu kepala yang menempel di atas topi para penambang. Napas sesak, untuk yang punya penyakit asma tidak diperbolehkan memasuki areal pertambangan bawah tanah rakyat seperti ini. Fisik harus kuat karena medan yang sangat keras menuntut kesiapan fisik. Termasuk naik dan turun lubang pertambangan yang licin dan berbatu butuh keterampilan khusus.
Berbeda dengan tambang tradisional rakyat yang pernah saya datangi, di kawasan pertambangan bawah tanah PT Freeport Indonesia jauh lebih modern dan tingkat keselamatan yang tinggi membuat saya merasa aman selama memasuki kawasan pertambangan bawah tanah ini. Lebar dan tinggi lubang jauh berbeda dengan tambang bawah tradisional. Jelaslah sangat besar karena harus disesuaikan dengan ukuran mobil pengangkut material tambang. Batuan tambang yang sudah diledakan akan diangkut kemudian ke bagian pengolahan. Truk pengangkut ini bekerja hampir setiap saat.

tambang bawah tanah pt freeport indonesia
Suasana di lokasi tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia (iden wildensyah)
Kalau membayangkan lubang tikus, saya membayangkan sedang berada di lubang tikus raksasa. Jalinan antara satu jalur dengan jalur lainnya begitu rumit. Kalau anda sendirian berada di dalam ruangan bawah tanah tersebut, yakin tak akan bisa keluar dalam waktu satu sampai dua jam. Tapi jangan khawatir, di setiap sudut terpasang kamera pemantau yang siap melihat dan mengawasi segala pergerakan yang ada di bawah tanah. Termasuk pergerakan saya dan teman-teman yang dibawa dengan kendaraan khusus.

Hal menarik di tambang bawah tanah
1. Siang Atau Malam Tak Terasa
Peneranganan di pertambangan bawah tanah dilakukan setiap saat dengan menggunakan energy listrik  Penerangan dilakukan karena pencahayaan dalam tambang bawah tidak tidak ada. Nyaris tidak ada cahaya yang masuk kecuali menjelang mulut gua. Oh iya, energi ini juga menggerakan Kipas angin yang berputar di bagian salah satu lorong sebagai saluran pernapasan agar tidak pengap. Karena pencahayaan yang terus menerus dalam gelap membuat suasana di dalam tambang bawah tanah tidak terasa sebagai siang atau malam. Demikian menurut pengakuan seorang karyawan yang bekerja shift.
2. Masjid
Sebagai bagian dari penyeimbang antara kehidupan dunia dengan kehidupan spiritual, di dalam tambang bawah tanah disediakan masjid yang lumayan besar untuk menampung kebutuhan para pekerja yang hendak menunaikan sholat terutama untuk pekerja yang beragama Islam. Masjid ini bisa jadi masjid terbesar di dalam bawah tanah dan juga di ketinggian. Saat mencoba air wudlu-nya, dingin meresap sampai ke dalam kulit. Terasa menyegarkan dan sangat dingin seperti air dari dalam kulkas. Brrr..
3. Gereja
Selain masjid, di dalam tambang bawah tanah juga disedikan gereja untuk penganut agama Kristen. Saat saya tengok, ketika itu sedang tidak ada aktivitas karena bukan hari minggu, yah saya dating hari senin. Gereja ini seperti gereja-gereja pada umumnya. Sebuah mimbar dan tempat duduk untuk para jemaatnya.

Masjid Di Lokasi Pertambangan
Ada tiga hal yang penting untuk kebaikan manusia di dunia ini. Ketiganya sangat penting karena satu sama berhubungan dan akan menjadi kebaikan untuk manusia itu sendiri. Jika hubungan ketiganya baik, bisa dikatakan sebagai manusia ia memiliki kehidupan yang baik pula. Ketiga hal tersebut adalah hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan adalah hubungan yang harus menjadi utama dalam kehidupan manusia. Hubungan yang mutlak karena jika manusia melupakan salah satu dari ketiganya maka ia akan hidup tanpa keseimbangan. Untuk hidup manusia akan bekerja, dalam pekerjaan ini manusia harus tetap ingat kepada Tuhan. Karena segala sesuatunya bersumber dari Tuhan.
Pentingnya membangun keseimbangan ini dipahami begitu penting oleh PT Freeport Indonesia dengan menyediakan fasilitas yang baik dan mendukung. Di Tembagapura, semua fasilitas untuk membangun kebaikan manusia dibangun dengan baik seperti fasilitas umum, social, dan keagamaan. Demikian juga di lokasi pertambangan saya bersyukur bisa melihat langsung 3 sarana keagamaan yang baik, bersih, dan terjaga.
Setidaknya ada 3 masjid menarik yang saya temui di lokasi pertambangan. Sebenarnya kalau dihitung lebih detail bisa jadi lebih banyak juga. Misalnya ditambahkan dengan masjid di Tembagapura saja jumlahnya bertambah jadi 4.
Inilah masjid-masjid yang berhasil saya rekam dalam catatan ini.
1. Masjid Di Tambang Bawah Tanah
Masjid ini bernama Masjid Ash-Haabul Kahfi yang diambil dari kisah tiga pemuda yang terjebak dalam gua karena diselamatkan oleh Allah SWT dan saat keluar semua sudah berubah. Kisah ini tentang kebaikan kepada orang lain yang dilakukan oleh tiga pemuda kemudian membuat gua terbuka dan mereka bisa kembali bertemu dengan masyarakat di kota tempat tinggalnya. Masjid ini berada di kedalaman tanah di lokasi tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.
2. Masjid  Di Ketinggian
Masjid di ketinggian ini bisa jadi merupakan masjid tertinggi di Indonesia karena berada di ketinggian lebih dari 2.500 Meter di atas permukaan laut. Namanya masjid Masjid Al-A'raf adalah merupakan masjid tertinggi di Indonesia.
3. Masjid di lokasi pabrik pengolahan mineral
nah satu lagi masjid yang saya temui adalah masjid di lokasi pengolahan mineral. Batuan yang sudah ditambang kemudian dialirkan ke lokasi pengolahan mineral agar berpisah antara mineral yang dibutuhkan dengan mineral sisa tambang yang kemudian menjadi pasir sisa tambang. Masjid di sini namanya masjid At Taqwa.
Masjid Tertinggi di Indonesia (iden wildensyah)
Masjid Tertinggi di Indonesia
Baiklah, salah satu yang menarik untuk saya adalah fakta masjid tertinggi di Indonesia ada di kawasan tambang PT Freeport Indonesia. Masjid Al-A'raf yang terletak sekitar 3.725 meter di atas permukaan laut merupakan masjid yang tertinggi di Indonesia.
Mari kita lihat ketinggian lainnya sebagai pembanding. Pertama pegunungan tertinggi di Indonesia adalah Jaya Wijaya di Papua dengan nama puncaknya puncak Jaya. Puncak Jaya atau Gunung Jaya ialah sebuah gunung yang terdapat di provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian setinggi 4.884 mdpl sehingga terdapat salju di puncaknya. Gunung ini terletak di Barisan Sudirman.
Gunung ini dulu pernah bernama Poentjak Soekarno dan merupakan gunung tertinggi kedua di Asia Tenggara (setelah Gunung Kinabalu, Kalimantan). Puncak Jaya adalah salah satu dari Tujuh Puncak Utama dunia". Sementara Gunung Kerinci (3.805 m) di Jambi adalah gunung tertinggi di Sumatra, yang kedua di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Dan Gunung Rinjani (3.726 m) di Lombok merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.
Dengan data ini, dapat disimpulkan bahwa masjid Al A’raf di ketinggian 3.725 Mdpl bisa dikategorikan sebagai masjid tertinggi di Indonesia sampai saat ini. Kecuali misalnya ada yang membangun masjid di puncak Gunung Kerinci.
Masih ada sebenarnya masjid-masjid yang lainnya tetapi tiga masjid itulah yang menarik perhatian saya. Semoga saja kehadiran masjid-masjid ini semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Jangan sampai banyak masjid tetapi saat adzan berkumandang tak ada aktivitas ibadah seperti fenomena di beberapa kota di Indonesia.
Share:

Selasa, Januari 19, 2016

Deepak Chopra: Kita Adalah Bagian Dari Irama Alam Semesta

Selama beberapa pertemuan, studygroup di Jagad Alit Waldorf membahas tentang ritme. Apa itu ritme? Bagaimana kita mengikuti ritme harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Ritme sangat penting untuk kita semua. Untuk orangtua, pemahaman ritme di rumah ini berguna dalam membangun sikap disiplin dalam diri anak. Ritme juga membuat orangtua bisa mengetahui jika ada sesuatu yang salah pada anak, misalnya anak sakit karena telat makan, anak sakit karena tidak bermain di luar ruangan, dan masih banyak lagi hal penting untuk orangtua dalam mendidik anak di rumah.
Bukan hanya untuk orangtua, ritme juga penting untuk guru di sekolah. Mengatur jadwal harian, bulanan, dan tahunan untuk anak didiknya agar bisa selaras satu sama lain. Guru bisa tahu anak-anak yang terganggu ritme di sekolahnya atau di rumahnya misalnya dengan tiba-tiba jadi banyak melakukan kegiatan menarik perhatian teman-temannya atau anak jadi malas-malasan di sekolah.
Nah, masih banyak lagi hal positif jika kita bisa memahami ritme ini dan melaksanakannya atau melakukan semua hal dengan ritme yang baik. Kesehatan tubuh kita berhubungan dengan ritme ini. Sehingga siapapun yang ingin sehat jiwa dan raga, memahami ritme ini menjadi sangat penting. Di bawah ini saya lampirkan sebuah tulisan dari Deepak Chopra tentang ritme.
Hidup Selaras Alam (iden wildensyah)
Kita Adalah Bagian Dari Irama Alam Semesta
Oleh Deepak Chopra
Tubuh kita, pikiran kita, emosi kita – segala sesuatu dalam fisiologi kita adalah berubah waktu ke waktu, tergantung pada waktu hari, siklus bulan, bahkan musim pasang dan surut. Tubuh kita adalah bagian dari alam semesta, dan segala sesuatu yang terjadi di alam semesta pada akhirnya mempengaruhi fisiologi tubuh kita. Ritme biologis adalah ekspresi dari ritme bumi dalam hubungannya dengan seluruh alam semesta, dan ada empat irama – irama harian, irama pasang surut, irama bulanan atau lunar dan irama tahunan atau musiman – adalah dasar dari semua irama dalam kita tubuh.
Ketika Bumi berputar pada porosnya, kita mengalami siklus 24-jam siang dan malam yang kita sebut ritme sirkadian. Ritme ini didasarkan pada peputaran bumi, dan segala sesuatu dalam tubuh kita, adalah bagian dari Bumi, juga berputar dan mengikuti irama Bumi. Ketika ritme biologis ini terganggu oleh perjalanan jarak jauh, misalnya, kita mengalami jet lag. Atau jika kita bekerja shift malam, kita akan merasa tidak nyaman meskipun kita telah beristirahat pada siang harinya, ini karena ritme biologis kita tidak selaras dengan irama kosmik. Bahkan pengalaman subyektif memberitahu kita bahwa pada waktu tertentu dalam satu hari kita merasa lapar, sementara di lain waktu hari kita merasa mengantuk. Kita mengetahui bahwa kita cenderung merasa ada satu kecenderungan pada pukul empat sore dan kecenderungan lain pada pukul empat pagi.
Irama pasang surut juga memiliki efek pada fisiologi kita. Ritme ini adalah hasil dari pengaruh gravitasi dari matahari, bulan dan bintang-bintang di galaksi yang jauh terhadap lautan di planet Bumi. Kita memiliki lautan dalam diri kita yang mirip dengan lautan di planet kita. Lebih dari 60 persen dari tubuh kita adalah air, dan lebih dari 60 persen dari planet kita adalah air. Jadi kita juga mengalami air surut dan air pasang, dan pasang surut ini mengalir dalam fisiologi kita sendiri. Ketika kita merasa kurang sehat, tubuh kita sedang tidak selaras dengan alam semesta. Meluangkan waktu berada dekat lautan, atau di mana saja di alam, dapat membantu kita untuk mensinkronisasi irama kita dengan irama alam.
Irama lunar adalah siklus dua puluh delapan-hari yang terjadi sebagai akibat dari gerakan bumi, matahari dan bulan dalam hubungannya satu sama lain. Irama ini adalah bukti saat muncul dan lenyapnya bulan. Kita melihat bulan purnama, bulan setengah, tidak ada bulan lalu siklus dimulai lagi. Kesuburan manusia dan menstruasi adalah contoh yang baik dari irama bulan ini, dan ada banyak siklus 28-hari lainnya. Ketika saya masih bekerja sebagai seorang dokter di ruang gawat darurat, kita sering menghadapi pasien dengan masalah tertentu yang tergantung pada waktu hari dan siklus bulan.
Ketika Bumi bergerak mengelilingi matahari, kita mengalami irama musiman yang menyebabkan perubahan biokimia yang berbeda dalam pikiran-tubuh. Jadi kita lebih cenderung jatuh cinta pada musim semi atau mengalami depresi di musim dingin. Orang-0rang dengan kondisi tertentu yang dikenal sebagai gangguan afektif musiman mengalami depresi di musim dingin, tetapi merasa lebih baik ketika dibawa pada sinar matahari. Perubahan musim tidak hanya mempengaruhi biokimia tubuh manusia, mereka mempengaruhi biokimia pohon, bunga, kupu-kupu, bakteri dan segala sesuatu di seluruh alam.
Ketika Bumi berada miring pada porosnya di musim semi, bunga bermekaran, tupai tanah keluar dari tanah, burung bermigrasi, ikan kembali ke tempat asal dan ritual kawin dimulai. Orang-orang tergerak untuk menulis puisi, pecinta menyanyikan lagu-lagu, dan tua dan muda jatuh cinta. Irama musiman ini mempengaruhi kita secara biologis, mental, emosional, dan semuanya berhubungan dengan kondisi antara bumi dengan matahari.
Ada siklus dan irama lain yang berfluktuasi selama beberapa detik, dan ada irama yang berlangsung dari tiga puluh menit hingga 28 jam yang disebut ritme ultradian. Itu adalah siklus di dalam siklus, dan itu sangat rumit, tapi itu semua satu simfoni. Semua ritme ini menciptakan simfoni alam semesta, dan tubuh-pikiran selalu berusaha untuk melakukan sinkronisasi irama dengan irama universal. Untuk memisahkan tubuh-pikiran dari kosmos adalah ketidak mampuan kita melihat segala sesuatu sebagaimana yang sebenarnya. Tubuh-pikiran adalah bagian dari pikiran yang lebih besar; itu bagian dari kosmos, dan kosmis menghasilkan irama perubahan yang mendalam dalam fisiologi kita. Alam semesta sesungguhnya adalah sebuah simfoni dari bintang-bintang. Dan ketika tubuh-pikiran kita selaras dengan simfoni ini, semuanya menjadi spontan dan mudah, dan kegembiraan alam semesta mengalir melalui kita dalam ekstasi kegembiraan.
Ketika irama-pikiran dan tubuh kita selaras dengan irama alam, ketika kita hidup harmonis dengan kehidupan, kita hidup dalam keadaan berkelimpahan. Untuk hidup dalam kasih karunia adalah untuk mengalami keadaan kesadaran di mana hal-hal mengalir dengan mudah dan keinginan kita dengan mudah terpenuhi. Keanggunan ini adalah ajaib, sinkronistis, kebetulan, menyenangkan. Ini adalah faktor keberuntungan. Tetapi untuk hidup dalam kasih karunia ini kita harus membiarkan intelijensi alam mengalir melalui kita tanpa campur tangan.
Secara teoritis, jika kita benar-benar selaras dengan alam semesta, jika kita benar-benar selaras dengan iramanya, dan jika kita telah memiliki nol stres, maka akan sangat sedikit entropi dalam tubuh kita. Tubuh kita tidak akan menua jika kita benar-benar mensinkronkan dengan siklus alam semesta. Jika mengalami entropi, itu akan ada pada skala alam semesta, yang merupakan siklus kosmik atau waktu ribuan tahun. Tapi tubuh-pikiran kita bisa tidak sepenuhnya selaras dengan irama alam semesta, dan mengapa tidak? Stres. Anda lihat, segera setelah kita memiliki sebuah pikiran, pikiran apapun, itu akan mengganggu kecenderungan bawaan dari ritme biologis untuk melakukan sinkronisasi dengan irama universal.
Bagaimana kita bisa mengganggu kecerdasan alam? Dalam istilah spiritual, kita dapat mengatakan bahwa kita mengganggu irama kita ketika kita mengidentifikasi dengan citra diri kita dan batin kita kehilangan diri, ketika kita kehilangan rasa hubungan dengan jiwa kita, sumber kita. Dalam istilah yang lebih umum, kita dapat mengatakan bahwa kita mengganggu irama ini ketika kita mulai khawatir, ketika kita mulai mengantisipasi masalah, ketika kita mulai berpikir, “Apa yang salah?” Ketika kita mencoba mengendalikan segala sesuatu, ketika kita merasa takut, ketika kita merasa terisolasi – semua hal ini mengganggu aliran kecerdasan alam. Setiap kali kita merasakan perlawanan, kapan saja kita merasa ada sesuatu yang salah, kapan saja kita merasa frustrasi, kapan saja ada terlalu banyak usaha, maka kita sedang tidak berhubungan dengan sumber kita, bidang kesadaran murni yang bermanifestasi sebagai kemungkinan tak terbatas dari alam semesta. Keadaan ketakutan adalah keadaan rasa keterpisahan, ini adalah perlawanan terhadap apa yang ada. Jika kita tidak memiliki perlawanan, maka itu semua terjadi dengan spontan, mudah tanpa upaya.
Tubuh kita terus-menerus berbicara kepada kita melalui sinyal kenyamanan dan ketidaknyamanan, kesenangan dan rasa sakit, tarikan dan tolakan. Ketika kita mendengarkan nuansa halus sensasi dalam tubuh kita, kita sedang mengakses kecerdasan intuitif kita. Kecerdasan ini kontekstual, relasional, memelihara, holistik dan bijaksana. Kecerdasan intuitif lebih akurat dan presisi dari yang ada di alam pikiran rasional. Intuisi bukanlah pikiran, itu adalah bidang non-lokal informasi kosmis yang berbisik kepada kita dalam keheningan diantara pikiran kita. Jadi, ketika kita mendengarkan kearifan tubuh kita, ketika kita menjadi sadar akan sensasi dalam tubuh kita, kita akan tahu seluruh kosmos, karena seluruh kosmos bisa dialami sebagai sensasi dalam tubuh kita.
Ketika kita dalam kondisi tidak selaras dengan irama universal, sinyal yang datang kepada kita adalah rasa tidak nyaman, apakah itu fisik, mental atau emosional. Ketika kita mengalir selaras dengan alam semesta, sinyal yang datang kepada kita adalah rasa nyaman, kemudahan atau sukacita. Pada kenyataannya, sensasi ini adalah suara roh, yang berbicara kepada kita pada perasaan murni di dalam tubuh kita. Ketika kita menyediakan tubuh kita untuk mendengarkan ke dalam, kita akan mendengar suara roh, karena tubuh kita adalah sebuah bio-komputer yang terus-menerus tersambung ke jiwa kosmik. Tubuh kita memiliki kemampuan komputasi yang dapat langsung memperhitungkan rincian tak terhingga yang menciptakan setiap peristiwa dalam hidup kita.
Setelah mengetahui semua ini, mengapa Anda tidak memperlakukan tubuh Anda dengan rasa hormat dan mengurusnya? Pelihara tubuh Anda dengan perhatian yang penuh kasih. Lepaskan semua pembatasan dan kekakuan dalam kesadaran Anda sehingga tubuh Anda dapat bersantai kembali ke dalam irama alam semesta. Jika Anda memperhatikan irama dan siklus pikiran-tubuh Anda, dan jika Anda menjadi lebih akrab dengan irama kosmik, Anda akan melihat bahwa Anda dapat melakukan sinkronisasi irama tubuh Anda dengan irama alam semesta. Anda tidak harus menjadi seorang ahli, hanya memberi sedikit perhatian pada hal ini. Perhatikan bagaimana perasaan Anda pada waktu yang berbeda pada hari dan pada waktu yang berbeda dari bulan tergantung pada siklus bulan. Lihatlah ke langit, dan mengamati siklus bulan. Jika Anda melihat surat kapar, periksa kapan air laut pasang dan surut. Rasakan tubuh Anda dan lihat bagaimana hal ini berkaitan dengan masing-masing musim. Memahami ritme ini dapat membantu Anda, tapi informasi berikut ini adalah semua yang harus Anda ingat.
Antara jam enam dan jam sepuluh pagi hari dan antara jam enam dan jam sepuluh di malam hari adalah ketika tubuh Anda hipo metabolik, atau pada fase terendah metabolisme. Cobalah untuk meluangkan waktu hening sejenak sekitar jam enam di pagi hari dan jam enam di malam hari. Idealnya ini adalah waktu yang terbaik untuk bermeditasi di awal fase ini dan untuk berolahraga di tengah fase ini terutama jika Anda ingin melakukannya untuk menurunkan berat badan.
Antara jam sepuluh pagi hingga jam dua di sore hari adalah ketika metabolisme berada pada titik tertinggi. Ini adalah waktu untuk makan terbesar Anda, karena tubuh Anda akan memetabolisme makanan jauh lebih baik. Antara jam dua dan jam enam di sore hari adalah saat yang tepat untuk aktif, untuk belajar keterampilan mental baru atau untuk melakukan kegiatan fisik. Antara jam dua dan enam pagi adalah waktu yang baik untuk bermimpi.
Sekitar jam enam di malam hari, dan sebaiknya sebelum matahari terbenam, adalah saat yang tepat untuk makan malam. Itu adalah waktu terbaik makan malam dengan makanan yang ringan, dan memiliki setidaknya interval dua sampai tiga jam antara makan malam dan tidur. Kemudian cobalah untuk tidur sekitar jam sepuluh atau 10.30 pada malam hari, dan Anda akan memiliki tidur yang ideal dan mimpi yang dalam.
Ini adalah saran yang sangat mendasar, tapi begitu kita memulai untuk menyinkronkan ritme kita dengan irama kosmik, tubuh akan terasa sangat berbeda. Kita akan merasa begairah,tanpa merasakan lelah. Kita akan merasakan lebih banyak energi subyektif. Kita mulai mengalami kondisi kesadaran di mana segala sesuatu dalam hidup kita kemudian mengalir dengan mudah. Kesehatan yang baik bukan hanya tidak adanya penyakit, namun merupakan sukacita yang harus ada di dalam diri kita sepanjang waktu. Ini adalah keadaan kebahagiaan positif, yang tidak hanya secara fisik tapi juga secara emosional, psikologis dan akhirnya bahkan spiritual. Teknologi tidak akan membuat kita sehat. Apa yang akan membuat kita sehat harus selaras dengan kekuatan alam semesta, merasakan bahwa tubuh kita adalah bagian dari tubuh alam semesta, yang selalu berkomunikasi dengan alam, berkomunikasi dengan jiwa kita dengan selalu meluangkan waktu dalam keheningan dan kesendirian.
Lautan dan sungai-sungai di planet kita adalah darah kehidupan yang beredar di dalam jantung kita dan di dalam tubuh kita. Udara adalah nafas suci kehidupan yang memberikan energi bagi setiap sel dalam tubuh kita sehingga bisa hidup dan bernafas dan berpartisipasi dalam tarian kosmos. Untuk mengetahui bahwa kita adalah bagian dari bumi ini, untuk mengetahui bahwa kita tidak terpisahkan dari kosmos, adalah dengan memiliki pengalaman sukacita, pengalaman keterhubungan dengan segala sesuatu. Ini adalah pengalaman penyembuhan, ini adalah pengalaman seluruh keberadaan. Dan untuk menjadi utuh adalah dengan hidup dalam kasih karunia.


Share:

Sabtu, Januari 16, 2016

Pembangunan Berkelanjutan dan Keberlanjutan Ekologi

Bila membanding masalah lingkungan dengan masalah sosial, rasanya orang lebih tertarik untuk menelaah, mengikuti sampai ikut-ikutan menganalisis masalah sosial dari pada masalah-masalah lingkungan hidup. Bila dilihat unsur kedekatan, sebetulnya masalah lingkungan hidup itu lebih dekat dari pada masalah sosial semacam kesenjangan sosial, kemiskinan atau kelaparan. Hal ini karena hampir kebanyakan titik masalah sosial sedikit banyak berawal dari masalah lingkungan hidup.

Ambilah salah satu contohnya masalah sampah, masalah sampah berkaitan dengan masalah perilaku dan kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dari masalah sampah ini bisa timbul masalah yang lebih besar lagi semacam masalah banjir. Masalah air, akan berkaitan erat dengan kesenjangan sosial lalu mengerucut pada masalah konservasi sumber daya air, lahan dan daerah resapan. Keterkaitan satu sama lain dari masalah lingkungan ini dikarenakan masalah lingkungan adalah masalah bersama dalam satu lingkaran ekologi, ketika salah satu komponen ekologi terganggu, maka dalam satu lingkaran tersebut akan terkena dampaknya.

Menyangkut masalah lingkungan ini, terutama kaitannya dengan sumber daya air. Beberapa pekan yang lalu media massa hangat membicarakan Kawasan Bandung Utara oleh semua stake holders yang peduli lingkungan, NGO, legislatif, eksekutif dan masyarakat. Secara umum keterkaitan isu lingkungan di sana adalah dampak pembangunan yang tidak bisa dibeli dengan uang. Ambilah salah satu contohnya kasus bila kita kekurangan air karena cadangan air tanah sudah semakin berkurang. Sejauh ini, dampak lingkungan akibat pembangunan yang merugikan masyarakat belum bisa digantikan dengan uang.
 
Pembangungan Berkelanjutan dan Keberlanjutan Ekologi (iden wildensyah)
Ketersediaan lahan dengan kualitas lingkungan berbanding lurus. Coba bandingkan antara kawasan yang penuh dengan pepohonan dengan kawasan yang jarang pepohonan. Akan tampak jelas sekali perbedaan kualitas diantara keduanya. Hal ini dipengaruhi oleh interaksi simbiosis mutualisme antara pepohonan dengan lingkungan sekitar, manusia salah satu contohnya. Dari proses fotosintesis akan tampak jelas hubungan positif tersebut, pohon melepaskan O2 yang dibutuhkan manusia untuk bernafas dan manusia melepaskan CO2 yang berguna bagi proses fotosintesis tersebut.

Banyaknya ruang terbuka hijau memungkinkan mahluk hidup dalam lingkaran ekologi untuk hidup dengan kualitas lingkungan yang sehat. Sebaliknya sedikitnya ruang terbuka hijau akan menyebabkan mahluk hidup berada dalam kondisi dengan kualitas lingkungan yang jelek.

Pembangunan Berkelanjutan

Sejak tahun 1980-an agenda politik lingkungan hidup mulai dipusatkan pada paradigma pembangunan berkelanjutan. mula pertama istilah ini muncul dalam World Conservation Strategy dari Lester R Brown, The International Union For The Conservation Of Nature (1980), lalu dipakai oleh dalam buku Building A Sustainable Society (1981), istilah yang kemudian menjadi sangat populer melalui laporan Brundtland, Our Common Future (1987). Paradigma pembangunan berkelanjutan diterima sebagai sebuah agenda politik pembangunan untuk semua negara didunia pada tahun 1992 dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) Bumi di Rio De Janeiro, Brasil namun hingga kini paradigma tersebut tidak banyak diimplementasikan bahkan masih belum luas dipahami dan diketahui, ini bukan saja terjadi di Indonesia melainkan juga ditingkat global.

Salah satu sebab dari kegagalan mengimplementasikan paradigma tersebut adalah paradigma tersebut kurang dipahami sebagai prinsip - prinsip kerja yang menentukan dan menjiwai seluruh proses pembangunan. paradigma ini tidak dipahami sebagai berisi prinsip pokok politik pembangunan itu sendiri. pada akhirnya cita - cita yang dituju dan ingin diwujudkan dibalik paradigma tersebut  tidak tercapai karena prinsip politik pembangunan yang seharusnya menuntun pemerintah dan semua pihak lainnya dalam merancang dan mengimplementasikan pembangunan tidak dapat dipenuhi.

Cita - cita dan agenda utama pembangunan berkelanjutan tidak lain adalah upaya untuk mensinkronkan, mengintegrasikan dan memberi bobot yang sama bagi tiga aspek utama pembangunan yaitu aspek ekonomi, aspek sosial budaya dan aspek lingkungan hidup. karena itulah gagasan dibalik itu bahwa pembangunan ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup harus dipandang sebagai terkait erat satu sama lain, sehingga unsur - unsur dari kesatuan yang saling terkait ini tidak boleh dipisahkan atau dipertentangkan satu dengan yang lainnya yang mau dicapai dengan pembangunan berkelanjutan adalah menggeser titik berat pembangunan dari hanya pembangunan ekonomi menjadi juga mencakup pembangunan sosial budaya dan ekologi lingkungan hidup.

Dengan kata lain yang ingin dicapai disini adalah sebuah integrasi pembangunan sosial budaya dan pembangunan lingkungan hidup kedalam arus utama pembangunan nasional agar kedua aspek tersebut mendapat perhatian yang sama berharga dengan aspek ekonomi. pembangunan aspek sosial budaya dan lingkungan hidup tidak boleh dikorbankan demi dan atas nama pembangunan ekonomi.

Keberlanjutan Ekologi

Arus pembangunan berkelanjutan di Indonesia seiring juga dengan arus kerusakan lingkungan, ambilah salah satu contohnya kasus Ladia Galaska yang menghancurkan ribuan hektar hutan di Leuseur serta terganggunya habitat asli dan semakin maraknya illegal logging dari jalur bukaan hutan. ini tentunya juga bukan tanpa alasan pembangunan jalan ini di bangun, akan tetapi laju kerusakan yang parah ini menjadi catatan tersendiri dari dampak pembangunan itu.

Dalam hal ini kritik terhadap pembangunan berkelanjutan juga diungkapkan oleh Arne Naess seorang filsuf Norwegia yang mengenalkan pemahaman etika lingkungan yang dikenal dengan deep ecology.  Dia menawarkan apa yang disebut sebagai keberlanjutan ekologi yang luas sebagai ganti dari pembangunan berkelanjutan. Keberlanjutan ekologi ini akan dicapai kalau benar- benar dilakukan perubahan mendasar dalam kebijakan politik ekonomi menyangkut pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup masyarakat yang konsumtif. Bahkan keberlanjutan ekologi ini akan dicapai pada level global kalau kebanyakan ditingkat global benar-benar melindungi kekayaan dan keanekaragaman bentuk - bentuk kehidupan di planet ini.

Paradigma berkelanjutan ekologi menuntut sebuah perubahan mendasar dalam kebijakan  nasional yang memberi prioritas pada kelestarian bentuk-bentuk kehidupan di planet ini, demi mencapai keberlanjutan ekologi. Jadi yang menjadi sasaran utama bukan pembangunan itu sendiri melainkan mempertahankan dan melestarikan ekologi dan kekayaan bentuk-bentuk kehidupan didalamnya. ini harus menjadi komitmen politik pembangunan nasional, kalau tidak kehancuran lingkungan dan ancaman bagi kehidupan manusia di planet ini semakin tidak teratasi.

Penutup

Konteks pembangunan berkelanjutan maupun keberlanjutan ekologi adalah dua alternatif yang bisa dipilih untuk diterapkan  di Indonesia karena keduanya mempunyai sasaran yang sama, integrasi ketiga aspek yaitu aspek pembangunan ekonomi, aspek sosial budaya dan aspek lingkungan hidup. bedanya, titik berat pembangunan berkelanjutan memusatkan pada pembangunan ekonomi sambil memberi perhatian pada secara proporsional pada kedua aspek lain sementara keberlanjutan ekologi mengutamakan peletarian ekologi dengan tetap menjamin kualitas kehidupan ekonomi dan sosial budaya bagi masyarakat setempat dengan jaminan konsekuen dilaksanakan sesuai komitmen untuk menjamin ketiga aspek tersebut secara proporsional keduanya tidak akan menjadi masalah dalam paradigma pembangunan ini.

Untuk menghindari jebakan developmentalisme, paradigma berkelanjutan ekologi tentu lebih menarik karena dengan ini kita bisa melestarikan ekologi dan sosial budaya masyarakat demi menjamin kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik



Share:

Rabu, Januari 13, 2016

Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan dalam Konsep Pembangunan Berkelanjutan

"Ekonomi dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan lingkungan dibutuhkan untuk mendukung sumberdaya tetapi keberadaan sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui menjadi masalah tersendiri karena berhubungan dengan harga dan masalah sosial lainnya"

Pembangunan ekonomi di beberapa negara telah berhasil menaikan taraf hidup masyarakat pada umumnya. Ilmu ekonomi dengan rangkaian teori yang dilahirkan telah memainkan peranan penting dalam membentuk alur pemikiran dan intuisi para perencana ekonomi. Namun bersamaan dengan kemajuan ekonomi timbul beberapa masalah dan dampak lingkungan hidup. Sumberdaya yang semakin menipis dan munculnya berbagai jenis pencemaran mulai dianggap menghambat kemajuan ekonomi.
Lingkungan hidup berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi dibidang produksi, konsumsi dan distribusi. Seiring dengan hal itu maka terjadi kekuatiran bahwa kualitas dan kuantitas sumberdaya menurun akibat kegiatan ekonomi yang dikhawatirkan dapat mengancam kelangsungan kemajuan ekonomi pada tahap berikutnya.
Maka dibutuhkan perangkat tolak ukur untung rugi dari berbagai kegiatan yang mempunyai dampak terhadap lingkungan. Memperhitungkan akibat yang mungkin ditimbulkan oleh langkah perlindungan dan pengendalian juga merupakan bagian penting dari kajian untuk pengembangan suatu proyek. Jadi masalah lingkungan dan penggunaan sumberdaya alam sudah sepatutnya dipandang lebih sebagai persoalan ilmu ekonomi daripada persoalan moral.
Kriteria Dasar Ekonomi
-        Kepuasan (utility). Konsep pareto optimum mengatakan bahwa sementara orang ingin mencapai kepuasan sebesar-besarnya, kondisi yang tercapai harus menunjukan bahwa memberikan manfaat pada satu orang atau kelompok masyarakat tanpa merugikan orang lain.
-   Produktivitas, konsep ini mirip dengan konsep kepuasan; keduanya menyangkut suatu tingkat maksimum yang hendak dicapai masyarakat. Namun, konsep produktivitas memusatkan perhatian pada hasil yang diukur (kardinal), yakni barang dan jasa, termasuk mutu lingkungan. Hubungan antara efisiensi dalam konsep produktivitas dan pareto-optimum memang tidak sederhana.  Jika setiap orang ingin segalanya dalam jumlah yang banyak, suatu perekonomian tidak dapat berjalan secara pareto-optimal kecuali jika benar-benar efisien dalam melakukan produksi. Kita tidak akan bisa memilih antara dua titik pada garis kemungkinan produksi kecuali jika ada tolok ukur nilai maksimum barang dan jasa yang dihasilkan suatu masyarakat (misalnya produk domestik bruto, PDB menurut harga pasar tertentu)
-      Dalam dua kriteria yang dibahas sejauh ini, soal pemerataan atau distribusi tidak dibahas secara eksplisit, jika kita amati secara mendalam, dalam proses pengambilan keputusan ekonomi yang menyangkut masalah lingkungan, persoalan alokasi biaya perlindungan dan distribusi manfaat bagi beberapa kelompok masyarakat yang berbeda akan selalu muncul. Pada umumnya, menghitung dan menentukan alokasi biaya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan memperkirakan besaran serta distribusi manfaat.
Ekonomi Pencemaran
Ilmu ekonomi telah mempunyai beberapa konsep dan peralatan analisis untuk mendekati persoalan polusi. Salahsatu yang dikenal adalah analisis manfaat-biaya dimana konsep compensating variation (CV) danequivalent variation (EV) biasanya dibicarakan melalui topik yang menyangkut surplus konsumen (CS).
Dalam ilmu ekonomi, konsep tentang harga bayangan (shadow price)dan eksternalitas juga sangat relevan untuk analisis manfaat-biaya suatu masalah polusi. Harga bayangan diperlukan untuk mengatasi keadaan dimana harga pasar tidak dapat diperoleh.
Seringkali dijumpai kesulitan untuk mengukur eksternalitas, baik kerugian eksternalitas, misalnya kerusakan lingkungan seperti polusi air, polusi zat kimia dan polusi udara yang ditimbulkan oleh suatu proyek, maupun keuntungan eksternal seperti misalnya akses terhadap pemandangan alam dan mutu pelayanan yang meningkat karena adanya suatu proyek.
Perlu keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan lingkungan (iden wildensyah)
Optimisasi dalam Ekonomi Sumberdaya
Pengikisan sumberdaya sering diinterpretasikan secara sederhana bahwa perekonomian akan kehabisan sumberdaya, terutama sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui (Non renewable) dan bila hal ini berlangsung maka akan terjadi bencana bagi kemakmuran manusia. Pemikiran yang sederhana ini bukan saja tidak tepat tetapi juga akan menghambat usaha pembangunan dan pertumbuhan ekonomi termasuk pola yang mengikuti konsep pembangunan berkelanjutan.
Dalam ilmu ekonomi tersedia alat analisis untuk mengatasi masalah semacam ini. Pertanyaan relevan yang menyangkut trade off antarwaktu-antargenerasi ialah: apakah mungkin suatu pola pengikisan yang dianggap efisien dari kacamata generasi sekarang dapat menyisakan sumberdaya sedikit atau bahkan tidak sama sekali untuk generasi yang akan datang? Perlu dicatat bahwa mengoptimalkan tingkat pengikisan sumberdaya juga berarti memaksimumkan present value (PV) sumberdaya tersebut. Dalam terminologi ekonomi, pemecahan masalah semacam ini umumnya menyangkut perhitungan social discounting rate (SDR). SDR ini perlu hitung dalam menentukan penggunaan sumberdaya alam secara optimal.
Menurut Solow dalam kerangka model dua faktor mengatakan bahwa tingkat konsumsi yang bisa dipertahankan sampai waktu tak terhingga dapat dicapai bila salah satu dari kondisi berikut dipenuhi: (1) elastisitas substitusi antara sumberdaya dengan modal lebih besar dari satu (sangat elastis). (2) elastisitas tersebut sebesar satu namun kontribusi modal lebih besar dari kontribusi sumberdaya; (3) apabila terjadi perubahan teknologi.
Untuk kasus sumberdaya yang renewable (dapat diperbaharui) asumsi awal yang dipakai adalah ”kaidah pertumbuhan alami” (natural growth law). Lingkungan hidup memiliki suatu ambang batas dalam jumlah stok atau populasi yang dapat ditunjang. Bila jumlah stok mendekati ambang batas tersebut, pertumbuhan akan melambat dan akhirnya berhenti. Batas ini akan dicapai bila penggunaan stok sumberdaya tidak lagi akan menghasilkan pertumbuhan, atau bila penggunaan stok secara kumulatif mendekati tingkat maksimum.
Konsep Kelangkaan Sumberdaya
Dari berbagai studi tentang kelangkaan sumber mineral belum dipastikan apakah sumberdaya di bumi secara ekonomis memang langka. Perbaikan pada beberapa faktor berikut akan mempengaruhi hasil penemuan diatas: perubahan teknologi, penyempurnaan proses produksi dan transportasi, penemuan deposit baru, skala ekonomi, dan faktor substitusi. Dua kasus energi (1974 dan 1979) cenderung mengukuhkan pendapata bahwa sumberdaya di bumi ini makin langka. Dalam diagram titik A mendekat dimana basis sumberdaya akan menciut, oleh karena itu tidaklah mengherankan bahwa para ahli secara terus menerus aktif mencari substitusi sumberdaya, mencoba menemukan proses produksi yang hemat sumbedaya dan melihat kemungkinan hasil substitusi hasil, yang berarti akan lebih banyak jumlah produksi dan konsumsi barang dan jasa yang berciri hemat sumberdaya.
Simpulan
Hanya dengan sedikit pengecualian, ekonom cenderung memperlakukan degradasi lingkungan sebagai kegagalan pasar (market failure). Bagi ekonom semacam ini fungsi lingkungan adalah untuk memasok barang alami seperti keindahan lanskap, menyediakan sumberdaya alam yang diperlukan untuk menghasilkan barang ekonomi atau memasok tempat sampah bagi pembuangan produk sampingan dari limbah hasil kegiatan ekonomi Sampai batas tertentu bahkan konsep dan peralatan analisis ilmu ekonomi mampu membantu menemukan solusi dari setiap persoalan.
Mengabaikan faktor lingkungan akan menimbulkan suatu bencana terutama dilihat dari sudut konsep pembangunan berkelanjutan. Studi multidisiplin secara kolaboratif (dengan ilmuwan dari disiplin lain) jelas sangat diperlukan.
Komentar
Pemaparan Iwan Jaya Azis ini sangat mendasar terutama dalam konsep yang di tuliskannya, ini menjadi bagian penting dalam mensosialisasikan pemahaman tentang hubungan antara ekonomi dan sumberdaya lingkungan. Ada benang merah yang bisa ditarik dimana keduanya terdapat kesalingtergantungan satu sama lain. Ekonomi dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan lingkungan dibutuhkan untuk mendukung sumberdaya tetapi keberadaan sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui menjadi masalah tersendiri karena berhubungan dengan harga. Logikanyanya harga akan naik bila sumberdaya sedikit dan permintaan banyak. Sementara sumberdaya yang terus menipis dan pemintaan semakin banyak maka seiring dengan itu harga pun akan mengalami kenaikan yang signifikan.
Bila di telaah penurunan kualitas lingkungan disebabkan oleh dua faktor yaitu disebakan oleh meningkatnya kebutuhan ekonomi (economic requirement) dan gagalnya kebijakan yang diterapkan (policy failure). Peningkatan kebutuhan yang tak terbatas sering membuat tekanan yang besar terhadap lingkungan dan sumberdaya yang ada, suatu contoh kebutuhan akan ketersediaan kayu yang memaksa kita untuk menebang hutan secara berlebihan dan terjadinya tebang terlarang (illegal loging), kebutuhan transportasi untuk mobilitas dan mendukung laju perekonomian juga sering menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan seperti pencemaran udara, dan kejadian dilaut dimana akibat kebutuhan ekonomi memaksa nelayan melakukan kegiatan tangkap berlebih (over fishing). oleh karena itu percepatan pembangunan ekonomi sudah selayaknya di barengi dengan ketersediaan sumberdaya dan lingkungan yang lestari.
Di makalah ini Iwan Jaya Azis menuliskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan konsumsi berlebihan yang ditakutkan terjadi kelangkaan dengan mengikuti konsep Solow yang mengatakan bahwa tingkat konsumsi yang bisa dipertahankan sampai waktu tak terhingga dapat dicapai bila salah satu dari kondisi berikut dipenuhi: (1)  elastisitas substitusi antara sumberdaya dengan modal lebih besar dari satu (sangat elastis). (2) elastisitas tersebut sebesar satu namun kontribusi modal lebih besar dari kontribusi sumberdaya; (3) apabila terjadi perubahan teknologi.
Makalah yang ditulis pada masa orde baru ini masih relevan untuk kondisi saat ini, perbedaannya hanya pada masa itu subsidi terhadap pertamina masih besar maka paparan iwan tentang energi tidak begitu mendalam, hanya menuliskan dua kejadian pada tahun 1974 dan 1979. padahal kejadian pada masa orde barulah yang membuat kondisi kenaikan harga ini tidak dipahami sebagai sebuah keharusan dan tentunya kritik terhadap pembangunan berkelanjutan versi ekonom pun tidak dimunculkan. Karena semangat orde baru tahun dipublikasikan makalah ini masih sangat kental.
Untuk pegangan serta dasar bagi pengantar ilmu ekonomi sumberdaya dan lingkungan makalah ini bisa menjadi sebuah percikan bagi pengembangan wacana selanjutnya. Terutama sebagai perbandingan 2 periode kekuasan (orde baru, orde reformasi). Tidak ada salah juga menjadi pembanding untuk makalah serupa yang membahas tentang konsep-konsep renewable dan non renewable. Hanya saja pemaparan tentang sumberdaya energi sudah tidak relevan lagi kondisi saat ini. Karena perbedaan kondisi antara tahun 1980-1990 dengan tahun 2000 – kini.
Share:

Selasa, Desember 29, 2015

Kajian Lingkungan Dalam Persfektif Islam

Catatan ini adalah sebuah resensi buku Perlindungan Lingkungan: sebuah persfektif dan spiritualitas islam. Islam dan lingkungan atau lingkungan dalam persfektif islam adalah dua hal yang menarik untuk dikaji. Ada satu ayat dalam Al Quran yang selalu menjadi patokan bahwa kerusakan di dunia ini adalah karena keserakahan manusia, lebih lengkapnya begini ''Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).'' (Q.S. Ar-Ruum (30):41).

Kerusakan ini akibat dari tangan-tangan manusia, karena pandangan hidupnya yang tidak ramah terhadap alam. Dalam pengantar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nanat Fatah Natsir ini selanjutnya dituliskan bahwa kerusakan ini jika dihubungkan dengan sejarah peradaban modern adalah buah dari penuhanan terhadap diri manusia. Manusia modern menganggap bahwa manusia adalah pusat alam semesta, dan memandang alam ada untuk ditaklukan dan untuk melayani manusia. Inilah sebenarnya yang menjadi sumber malapetaka lingkungan sedang kita hadapi. Lagi-lagi dalam sejarah, paradigma ini dikenal dengan paradigam Cartesian yang dipelopori oleh Rene Descartes (1596-1650) yang populer dengan sebutan bapak filsafat modern. Sejak lahirnya era pencerahan ini, dunia barat giat melakukan penaklukan-penaklukan dengan mengadakan ekspansi ke berbagai belahan dunia. Buku ini sepertinya berpijak pada ayat tadi (Ar-Ruum:30) karena memulai mengantarkan pembaca pada konteks kerusakan yang terjadi dimuka bumi ini. Dan menjadikan agama (dan filsafat) sebagai solusi untuk mengatasi masalah lingkungan terutama yang berasal dari cara pandang. 

Keyakinan penulis tercermin pada awal pendahuluan yang menyatakan bahwa agama berperan dalam merumuskan pandangan mengenai alam dan dalam menciptakan perspektif-perspektif mengenai peran manusia terhadap alam. Karena agama memiliki konsepsi yang jelas mengenai hubungan antara manusia dengan Pencipta, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam sekelilingnya.

Dalam posisi ini, agama menjadi sangat penting artinya untuk menganalisis akar krisis lingkungan dan mencari pemecahannya. Di samping itu, agama-agama besar dunia telah mengembangkan etika mengenai hubungan sosial di antara manusia, dan manusia dengan alam sudah tentu meliputi persoalan-persoalan krisis ekologi ini (hal 17). 
Islam dan lingkungan adalah hal yang tidak bisa pisahkan (idenide.blogspot.com)
Buku ini selebihnya dibagi dalam tiga bagian penting, (1) Pandangan-dunia Islam tentang perlindungan lingkungan; (2) Perlindungan alam dalam praktek; dan (3) menuju fiqih lingkungan. Ketiga bagian ini diuraikan dalam bentuk paparan-paparan yang menarik dikaji, misalnya dalam bagian pertama pandangan-dunia islam tentang perlindungan lingkungan, kita akan dibawa untuk menggali justifikasi dari sumber hukum islam. Lantas dari manakah menggali sumber justifikasi itu? Selanjutnya penulis memaparkan (1) Al Quran, (2) Al Hadist, (3) Ijma, (4) Qiyas dan (5)Tradisi-tradisi umat islam. (hal 30-32). 

Kelima dasar inilah yang akan menjadi panduan selanjutnya menggali masalah dan persoalan lingkungan. Setelah mengetahui dasar justifikasi dalam Islam, selanjutnya bagaimana konsepsi islam dalam memandang alam semesta. Di dalam ayat-ayat yang tersebar, Al-Qur'an menunjukan banyak sekali subjek-subjek alam semesta baik mikrokosmos maupun makrokosmos, yang layak dipikirkan dan direnungkan. Al-Qur'an suci menyatakan dalam Al Anbiya (21): 107 ''Katakanlah: 'perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi'' (hal 34). 

Ketiga konsepsi tentang alam ini terdiri dari (1) konsepsi ilmiah, (2) Konsepsi filosofis, dan (3) konsepsi religius. Dalam pandangan islam, alam semesta itu ada dalam takdir Sang Pencipta dan ada dalam pemeliharaannya. Allah Yang Maha Suci telah menentukan alam raya ini dengan seimbang dan harmonis yang mana tiap-tiap bentuk yang ada di langit dan di bumi serta yang ada diantara keduanya diciptakan dengan sifat-sifat alamiahnya masing-masing untuk membimbing peranannya menuju kesempurnaan masing-masing. Oleh karena itu, Islam memandang bahwa bentuk-bentuk kreasi tidak ada yang sia-sia. Mereka diciptakan bukan tanpa alasan dan tujuan, segala sesuatu diarahkan menuju kesempurnaannya sendiri. Islam mengajarkan bahwa alam raya diliputi oleh hukum alam sebagai hukum milik Allah yang di dalamnya berlaku sebab dan akibat (hal 39). 

Dalam perlindungan terhadap lingkungan, penulis buku ini menunjukan ayat-ayat yang berhubungan misalnya dengan Air (Al Anbiya (21): 30), serta usaha proteksinya misalnya dalam Hadist riwayat Imam Muslim, riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, Al Hakim dan Al Baihaqi dari Muadz (hal 81). Usaha proteksi selanjut pada tanah, udara, tumbuhan, binatang dan energi. Penulis disini menyampaikan dengan seksama ayat ataupun hadist dan rujukan yang penting dalam menguraikan bentuk usaha yang bisa menjadi alternatif pengelolaan lingkungan. 

Dalam menuju fiqih Islam, pertama-tama penulis membongkar paradigma cartesian dan budaya saintisme. Paradigma Cartesian yang semakin kokoh dengan lahirnya revolusi sainsdan modern. Melalui penemuan-penemuan baru disegala bidang ilmu pengetahuan, kedudukan filsafat Des Cartes semakin kokoh. Penulis mengkritik paradigma ini sebagai biang kerusakan lingkungan. Dengan paradigma Des Cartes ini, lahir pola pikir, sikap mental dan sistem nilai yang mendorong terciptanya berbagai problem dan krisis global yang kompleks dan multidimensional seperti krisis ekologi, krisis moral, dehumanisasi, kekerasan, ketimpangan global, dan krisis eksistensial (hal 112). 

Penulis menawarkan solusi menangani persoalan itu dengan pendekatan Islam. Karena Islam memandang persoalan-persoalan dengan sudut pandang dan cara pendekatan yang menyeluruh tetapi spesifik dibandingkan dengan pendekatan-pendekatan lain, yang dengannya ia diterima oleh semua orang tanpa memandang kelas sosial, kecerdasan dan tingkat pendidikan. Wilayah moral adalah salah satu wilayah penting dalam islam dimana Islam dapat menyampaikan pesan-pesannya secara efektif, karena moral adalah nilai-nilai yang diterima dan diperlukan oleh semua lapisan manusia (hal 126). 

Untuk kajian Islam, buku ini sangat menarik, dari sisi universalitas pemaparan yang mengambil ayat Al-Qur'an tanpa menuliskan dalam bentuk tulisan arabnya, harusnya bisa diterima dengan mudah oleh semua kalangan. Misalnya para pecinta alam, aktivis masjid yang mengadvokasi lingkungan dll. Kajian-kajian ayat yang mendalam serta menyeluruh membuktikan secara khusus buku ini sangat dalam dan bergizi. 

Kritiknya hanya pada ilustrasi, lagi-lagi saya selalu melihat sebuah buku tidak saja pada isi tetapi juga pada tampilan. Untuk kalangan akademisi, buku ini cocok menjadi referensi kajian lingkungan berbasis agama, sayangnya dalam ranah populer, buku sepertinya masih terbatas pada pembaca yang beragama Islam saja. Buku setebal 141, ditulis oleh Sunardi, Ph.D. Seorang staf pengajar muda di Jurusan Biologi Universitas Padjadjaran dan Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Unpad, Bandung. Buku ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Ilmu Lingkungan- Universitas Padjadjaran dengan dukungan dari Yayasan Pribumi Alam Lestari. Secara pribadi saya sangat mengagumi karya Pak Sunardi ini, sebuah karya yang akan menjadi kenangan sepanjang masa.

Share:

Kamis, Desember 24, 2015

Blogger Go Green, Penting Dalam Kampanye Kesadaran Lingkungan

"Bumi ini cukup untuk kita semua, tetapi tidak untuk satu orang yang serakah" (Mahatma Gandhi)

Sebenarnya judul diatas hanya untuk gaya saja, soalnya kalau di Indonesiakan jadi aneh. mari hijau, ya kita bisa! Kalau Go Green, rasanya semua sudah mengetahui bahwa hakekatnya Go Green adalah mengajak untuk peduli lingkungan. Program kesadaran lingkungan harus dilakukan secara benar dan bermanfaat sehingga dapat dinikmati secara terus menerus tanpa merusak keadaannya, turut menjaga dan melestarikan sehingga ada manfaat yang berkesinambungan. Masyarakat adalah unsur yang menikmati langsung kondisi lingkungan. Blogger bisa mengajak masayarakat untuk menjadi media kontrol secara langsung terhadap lingkungannya dan berperan aktif untuk peka terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan dengan menanamkan pengertian “Membangun bukan berarti harus merusak”

Gerakan lingkungan yang nge-pop jauh dari hingar bingar demonstrasi berteriak-teriak menuntut pemerintah mengadili perusak lingkungan, atau demonstrasi lain yang lebih berbeda dan unik. Go Green lebih ditujukan seperti kepada para eksekutif, anak-anak muda serta anak-anak kecil. Ajakan untuk Go Green ini disampaikan dalam beberapa paket termasuk bahkan dalam label produk, dalam even dan dalam gaya hidup lainnya.

Pencantuman logo ekolabel akan memberikan informasi kepada masyarakat dan memfasilitasi aksi nyata untuk merubah pola konsumsi melalui pemilihan produk yang ramah lingkungan, sehingga prinsip “green life-style” dan “green consumer” dapat terwujud. Dari sisi produsen, pencantuman logo ekolabel memberikan apresiasi atau insentif bagi produsen yang telah mulai “menghijaukan” barang/jasa dengan memenuhi standar/kriteria tertentu. Insentif berupa “image” yang baik terhadap barang/jasa ramah lingkungan dapat meningkatkan daya saing di pasar domestik dan internasional. Standar/kriteria ekolabel juga mendorong timbulnya inovasi dan investasi dalam menghasilkan barang/jasa yang ramah lingkungan.
Blogger go green untuk lingkungan yang lebih baik (idenide.blogspot.com)
Pelabelan Go Green itu ada yang benar-benar Green ada yang pseudo-green (gerakan lingkungan palsu seolah-olah gerakan lingkungan padahal ada kepentingan korporasi didalamnya). Selamat datang blogger green, semoga menjadi awal untuk memancing gerakan lingkungan lainnya yang lebih massive, lebih dinamis dan lebih nyata.

Bermula dari tulisan lalu menjadi sebuah karya nyata untuk bumi yang rapuh ini. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi. "Bumi ini cukup untuk kita semua, tetapi tidak untuk satu orang yang serakah", demikian kata Mahatma Gandhi. Pesan yang sangat dalam untuk kita agar menggunakan sesuai kadarnya, tidak berlebihan dan tidak serakah tentu saja. Blogger Go Green, Yes We Can !
Share:

Senin, Desember 21, 2015

Bisakah Membangun Tanpa Merusak Lingkungan?

Pertanyaan yang muncul saat diskusi lingkungan di sebuah komunitas lingkungan di atas sangat menarik untuk dikaji. Pertanyaan-pertanyaan penting selalu terkenang dan memberikan kesan mendalam untuk si penanya maupun si penjawab. Ada istilah bukan jawabannya yang penting tetapi pertanyaan. Seni bertanya tidak kalah dengan seni menjawab.  
Pembangunan yang ramah lingkungan menjadi semacam keharusan di era sekarang. Bisakah kita membangun tanpa merusak lingkungan? Ada semacam kesimpulan tak tertulis bahwa membangun itu pasti merusak, setidaknya dalam jangka waktu yang pendek. Kalau diperhatikan banyak kerusakan yang terjadi karena pembangunan fisik. Misalnya saja, pohon yang hilang, kontur tanah yang rusak dan berbagai kerusakan-kerusakan lainnya dalam lingkungan hidup sekitar.
Pembangunan konstruksi jalan baru harus memperhitungkan ekologi setempat (iden wildensyah)

Jangan sepelekan pohon yang ditebang atau kontur yang diubah begitu saja. Dalam sebuah pohon itu ada banyak mikroorganisma yang hidup. Apalagi dalam sebidang tanah itu banyak mahluk hidup golongan kecil yang hidup saling terkait satu sama lainnya. Menghancurkannya berarti menghilangkan atau merusak tatanan ekologi yang sudah berlangsung lama. 
Memang sih, ini bisa dihindari dengan alasan setelah pembangunan fisik selesai, kondisi tanah dan mahluk hidup yang ada sebelumnya bisa tergantikan dengan kondisi lingkungan yang akan terbentuk setelah pembangunan fisik selesai. Tetapi yang harus diingat bahwa mahluk hidup dalam lingkungan pra dan pasca pembangunan pasti berbeda. Berbeda karena dia harus menyesuaikan kembali dengan lingkungan hidup yang baru. Yang menarik ketika mengamati pembangunan fisik di sebuah kota disalahsatu negara yang peduli terhadap lingkungan. 
Menyadari bahwa aspal itu kenyataannya menutupi tanah, dan tanah yang ditutupi itu membuat mikroorganisma mati, maka penduduk kota berinisiatif menggantikan aspal, mengangkat lapisan aspal kemudian menggantinya dengan paving blok. Sekarang berandai-andai saja, suatu saat pembangunan di Indonesia sudah benar-benar tidak merusak lingkungan. Jangan seperti sekarang, baru sedikit saja tidak menebang pohon kemudian rame-rame diklaim sebagai perusahaan ramah lingkungan.

Share:

Kamis, Desember 03, 2015

Langit Biru Timika

Melihat langit biru Timika mengingatkan saya pada kota kelahiran saya dahulu di sebuah pesisir selatan Jawa Barat. Langit biru yang bersih dengan awan putih bergumul begitu indah. Awan-awan yang ketika kecil membayangkan berbagai rupa bentuk sesuai imajinasi. Yah, langit biru Timika membawa saya pada imajinasi kecil tentang banyak hal. Imajinasi tentang sebuah kota yang indah tanpa polusi dan begitu indahnya perhatian-perhatian kecil pada alam yang sedang terjadi. Perhatian yang hilang seiring kedewasaan kita.

Langit Biru Timika, Papua (iden wildensyah)
Ah, langit biru Timika siang itu benar-benar membuai saya pada banyak hal yang terjadi di masa lalu. Langit biru awan putih membawa kenangan indahnya masa kecil. Bukan hanya itu saja, langit biru Timika ini menunjukan betapa bersih dan sehatnya udara di sekitar Timika. Bersih karena polusi udara yang tidak terjadi sehingga awan leluasa bergerak membawa butir-butir air hujan. Langit menjadi bersih karena tak terhalangi oleh debu pekat polusi udara. Polusi udara karena pembakaran bahan bakar fosil dari banyaknya kendaraan yang beredar di jalanan kota. Kemacetan yang luar biasa terjadi setiap pagi dan sore bahkan kini berubah menjadi hampir tiap waktu membuat kadar karbonmonoksida yang keluar dari knalpot kendaraan meningkat tajam. Berkumpul di udara maka jadilah langit biru tertutupi oleh polusi udara.

Masih ingat betul ketika pertama kali berkenalan dengan dunia kesukarelawanan di sebuah lembaga lingkungan di Kota Bandung. Saat itu kegiatan koordinasi banyak dilakukan di daerah dengan ketinggian yang relative lumayan tinggi dibandingkan Kota Bandungnya. Alhasil setiap pagi dan sore kita bisa melihat perubahan awan yang menggelayut di atas cekungan Kota Bandung. Saat pagi hari, awan terlihat putih bersih namun berubah ketika hari menjelang sore. Awan yang tadinya putih kemudian berubah menjadi berwarna kotor seperti hitam. Persis seperti melihat jelaga yang menempel di atas awan.


Langit biru Timika harus tetap terjaga agar kehidupan di sana semakin baik tanpa polusi udara. Keindahan langit biru jangan sampai hilang dan baru terasa pentingnya setelah kehilangan momentum birunya langit tersebut. Jangan sampai anak-anak kecil kelak yang menjadi generasi penerus di Timika kehilangan kesempatan melihat langit biru yang aduhai indahnya. 
Share:

Postingan Populer