Ruang Sederhana Berbagi

Kamis, Desember 24, 2015

Blogger Go Green, Penting Dalam Kampanye Kesadaran Lingkungan

"Bumi ini cukup untuk kita semua, tetapi tidak untuk satu orang yang serakah" (Mahatma Gandhi)

Sebenarnya judul diatas hanya untuk gaya saja, soalnya kalau di Indonesiakan jadi aneh. mari hijau, ya kita bisa! Kalau Go Green, rasanya semua sudah mengetahui bahwa hakekatnya Go Green adalah mengajak untuk peduli lingkungan. Program kesadaran lingkungan harus dilakukan secara benar dan bermanfaat sehingga dapat dinikmati secara terus menerus tanpa merusak keadaannya, turut menjaga dan melestarikan sehingga ada manfaat yang berkesinambungan. Masyarakat adalah unsur yang menikmati langsung kondisi lingkungan. Blogger bisa mengajak masayarakat untuk menjadi media kontrol secara langsung terhadap lingkungannya dan berperan aktif untuk peka terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan dengan menanamkan pengertian “Membangun bukan berarti harus merusak”

Gerakan lingkungan yang nge-pop jauh dari hingar bingar demonstrasi berteriak-teriak menuntut pemerintah mengadili perusak lingkungan, atau demonstrasi lain yang lebih berbeda dan unik. Go Green lebih ditujukan seperti kepada para eksekutif, anak-anak muda serta anak-anak kecil. Ajakan untuk Go Green ini disampaikan dalam beberapa paket termasuk bahkan dalam label produk, dalam even dan dalam gaya hidup lainnya.

Pencantuman logo ekolabel akan memberikan informasi kepada masyarakat dan memfasilitasi aksi nyata untuk merubah pola konsumsi melalui pemilihan produk yang ramah lingkungan, sehingga prinsip “green life-style” dan “green consumer” dapat terwujud. Dari sisi produsen, pencantuman logo ekolabel memberikan apresiasi atau insentif bagi produsen yang telah mulai “menghijaukan” barang/jasa dengan memenuhi standar/kriteria tertentu. Insentif berupa “image” yang baik terhadap barang/jasa ramah lingkungan dapat meningkatkan daya saing di pasar domestik dan internasional. Standar/kriteria ekolabel juga mendorong timbulnya inovasi dan investasi dalam menghasilkan barang/jasa yang ramah lingkungan.
Blogger go green untuk lingkungan yang lebih baik (idenide.blogspot.com)
Pelabelan Go Green itu ada yang benar-benar Green ada yang pseudo-green (gerakan lingkungan palsu seolah-olah gerakan lingkungan padahal ada kepentingan korporasi didalamnya). Selamat datang blogger green, semoga menjadi awal untuk memancing gerakan lingkungan lainnya yang lebih massive, lebih dinamis dan lebih nyata.

Bermula dari tulisan lalu menjadi sebuah karya nyata untuk bumi yang rapuh ini. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi. "Bumi ini cukup untuk kita semua, tetapi tidak untuk satu orang yang serakah", demikian kata Mahatma Gandhi. Pesan yang sangat dalam untuk kita agar menggunakan sesuai kadarnya, tidak berlebihan dan tidak serakah tentu saja. Blogger Go Green, Yes We Can !
Share:

0 komentar:

Postingan Populer