Ruang Sederhana Berbagi

Rabu, Januari 04, 2017

Masa Transisi Filsafat, Thomas Hobbes, Dan Pergeseran Cara Berpikir

Dalam perkembangan filsafat, setiap waktu selalu menarik untuk melihat transisi-transisi yang memengaruhi pemikiran selanjutnya. Pergolakan pemikiran akan terus berlanjut selama manusia masih menggunakan otaknya untuk berpikir. Manusia masih bertanya-tanya tentang fenomena yang terjadi. Dahulu dengan sekarang pada hakikatnya tidak jauh berbeda. Teknologi yang berkembang sekarang hanya pembeda kecilnya.

Pada kenyataannya, transisi ini selalu memberikan hal yang unik karena sebagai pembaca, saya menemukan sisi-sisi yang menjadi referensi buat pemikiran yang akan datang. Pada masa transisi ini juga lahir tokoh-tokoh baru yang melawan, mengkritik, atau mendukung pemikiran sebelumnya. Eh kalau ditelusuri lebih jauh juga ternyata kehadiran pemikir semacam Plato, Socrates, Aristoteles juga karena ada sebuah kondisi transisi. Mereka kemudian memberikan ide-ide dan menyebarkan konsep tersebut kepada khalayak banyak pada masanya.

Philosophy


Dari sekian banyak filsuf di masa lalu, adakah yang tahu siapa Maimonides, Averroes, Aristophanes, dan perannya di tengah-tengah para filsuf terkenal seperti Thomas Aquinas, Ibnu Sina, dan lain-lain. Mereka adalah filsuf yang muncul di tengah-tengah untuk menyeimbangkan antara pemikiran sebelumnya dengan fenomena yang sedang terjadi.

Maimonides (1135-1204) misalnya, ia adalah seorang filsuf Yahudi yang melihat ada hutang terhadap orang Arab pengikut Aristoteles. Karyanya yang paling terkenal adalah Guide for the Perplexed, di mana dia mencoba mengharmoniskan ajaran Aristoteles dengan Judaisme. Dia mengatakan bahwa baik Muhammad maupun Aristoteles tidak memberikan kita catatan yang meyakinkan tentang kebenaran, tetapi bahwa usaha mencari kebenaran harus dilihat sebagai suatu misi spiritual. (Neil Turnbull, Filsafat, Hal 87)

Beda dengan Maimonides, Aristophanes adalah sosok yang menyerang Socrates. Socrates sering disangka seorang sofis. Aristophanes (448 – 388 SM), seorang penulis naskah drama yang menyerang Socrates sebagai pemilik ilmu bodoh dalam dramanya yang berjudul The Clouds. Namun, Socrates bukanlah seorang sofis. Ia malah berusaha mencegah filsafat terlibat dalam kebudayaan sinis pasar Athena (agora).

Thomas Hobbes dan Pergeseran Cara Berpikir
Berbeda dengan para pemikir sebelumnya, Thomas Hobbes hadir menjadi filsuf pertama yang memberikan contoh pergeseran cara berpikir. Bagi para rasionalis awal, tidak ada pengetahuan pasti selain pengetahuan matematis. Matematika dilihat para pemikir teknokrasi sebagai dasar yang paling jelas, ringkas, dan aman untuk membangun teknokrasi baru.

Thomas Hobbes (1588-1679) berasal dari Inggris, Hobbes berkarya pada masa perselisihan paling tegang antara para modernis dan generasi kuno, yaitu pada masa perang saudara Inggris (1642-1648). Menurut Hobbes, jika dibiarkan bertindak menurut sifat aslinya, manusia tidak memiliki moral sama sekali. Altruisme, yaitu gagasan bahwa kita harus menghargai orang lain seperti kita menghargai diri sendiri, hanya ilusi. Oleh sebab itu, masyarakat yang kekurangan pussat-pusat kekuasaan untuk mengendalikan sifat egoisnya akan berubah menjadi anarkis. Pada kondisi itu, kehidupan manusia terpencil, buruk, kasar, dan kerdil. Satu-satunya cara untuk menekan watak alami kita, menurut Hobbes, adalah dengan menyerahkan kehendak kita kepada Leviathan yang maha kuasa. Leviathan adalah penguasa imajiner yang memaksa manusia hidup beradab.

Ada banyak sekali pemimpin-pemimpin imajiner di sekitar kita yang menguasai manusia secara tidak sadar. Mereka yang digerakan tanpa berpikir lebih mudah dikuasai oleh para pemimpin imajiner seperti itu. Dalam konteks kekinian, banyak sekali tokoh-tokoh politik yang bergerak dan muncul ke depan sementara pemimpinnya yang tidak kelihatan mengendalikan di luar kuasa dirinya.

Nah, di sinilah sosok-sosok yang muncul di tengah-tengah yang mampu memberikan sisi lain untuk dipelajari. Masih banyak sekali tokoh filsuf yang menuliskan pemikirannya di tengah-tengah kondisi yang tidak memungkinkan jika dilihat dalam kondisi sekarang. Baik kondisi perang, keadaan transisi antara kelompok satu dengan kelompok lainnya serta hal-hal lain. Kehadiran di masa transisi selalu menarik untuk diamati. Termasuk dalam konteks berbangsa dan bernegara di Indonesia saat ini ketika kelompok satu bertikai dengan kelompok lainnya untuk memberikan pengaruh besar bagi rakyat Indonesia. Buat saya, kondisi ini menjadi menarik untuk para pengamat 
Share:

0 komentar:

Postingan Populer