Ruang Sederhana Berbagi

Kamis, Juni 06, 2013

Selepas Berkemah

Malam tadi menemani anak-anak berkemah di sebuah tempat di Dago Atas. Bersyukur cuaca cerah walaupun sore harinya sempat hujan. Sedikit hujan sudah membuat perasaan ini was was, takut kalau hujan acara berkemahnya jadi gak seru.
Sore hari anak-anak sudah diantar oleh orangtuanya masing-masing ke lokasi. Beberapa orangtua yang beriniasiatif mengadakan acara tampak bersemangat membantu mendirikan tenda bersama-sama dengan anak-anak. Anak-anak tetap diutamakan agar mereka bisa memasang sendiri tendanya.
Untuk ukuran sekarang, memasang tenda bukanlah sesuatu yang sulit. Dengan frame dan tenda dome yang sudah praktis, pemasangan sangat cepat. Cukup dua orang saja untuk mendirikannya. Bandingkan dengan dahulu saat memasang tenda pramuka (disebut demikian karena dipakai pada saat kegiatan pramuka), dengan tali-tali dan tiang yang banyak, mendirikan tenda itu sangat menguras energi. 
Oh iya, teringat dulu saat pertama kali berkemah dan tidur di luar rumah, perasaan bercampur. Dan hal itu juga yang saya tangkap perasaannya anak-anak yang baru pertamakali tidur di luar rumah atau berkemah. Ada perasaan senang karena bisa berkumpul terus dengan teman-temannya satu kelas di luar sekolah. Bermain bersama-sama bahkan tidur dalam satu tenda. 
Pramuka adalah lembaganya yang mengenalkan saya pada konsep perkemahan. Senang rasanya kalau sudah berkemah, semua peralatan disediakan dengan maksimal. Yang selalu teringat adalah peralatan memasak  semacam penggorengan, panci, dan kompor yang disimpan di luar tas ransel. Terkadang digotong bersama-sama dengan memakai bambu. Keren rasanya, padahal kalau diingat sekarang rasanya lucu banget.
Malam itu, saat-saat bersama teman-teman semua bergembira. Ada yang bermain, ada yang bercanda, ada yang membaca buku. Semua menyenangkan sampai mereka benar-benar begadang. Kalau tidak dibuat aturan harus tidur, kayaknya memang gak akan pada tidur semalam. 
Selepas Berkemah selalu menyenangkan dan mengasyikkan! Kita bisa mengenal teman dengan lebih dekat dan merasakan indahnya kebersamaan, serta belajar lingkungan, dan semua hal yang jarang mereka alami sebelumnya.
 
Share:

Rabu, Juni 05, 2013

Hidup Tidak Selalu Bergula, Bukan?

Maka ia terus menyibukkan dirinya dengan seduhan teh. Ia mengambil saringan dan menuangkan teh ke cangkir. Ups, ada sedikit yang tercecer sehingga meja dapur agak kotor. Lalu ia mengambil serbet untuk mengelap teh yang tumpah itu. Hmm... Rasanya tidak perlu menambahkan gula. Itu membuat teh menjadi manis.
Hidup tidak selalu bergula, bukan?
-Ciuman di Bawah Hujan- Lan Fang
Share:

Selasa, Juni 04, 2013

Imajinasi

''Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan'' (Albert Einstein)
''Imajinasi menguasi dunia'' (Disraeli)

Kira-kira tujuh puluh persen proses belajar kita terjadi dalam enam tahun pertama hidup kita. Pada masa itulah kemampuan kita menyerap hal-hal baru berada pada puncaknya. Itu adalah juga saat daya imajinasi kita tumbuh dengan suburnya.
Hal yang disebut terakhir mendahului yang sebelumnya. Kita membutuhkan imajinasi agar bisa belajar dengan cepat dan mudah. Karena itu, kita perlu tetap menjaga imajinasi kreatif, dan sebenarnya menstimulasi dan mengembangkannya di masa dewasa kita.
Terkadang ada orangtua yang berkata ''saya khawatir tentang si kecil Johny; imajinasinya begitu luar biasa!'' orangtua lainnya tampak percaya bahwa nilai imajinasi anak-anak untuk menghibur orang dewasa.
Kebenaran yang sederhana adalah imajinasi merupakan kunci bagi semua proses belajar dan pemecahan masalah. Itulah sebabnya para Edison dan Einstein di dunia ini mempunyai imajinasi yang sangat istimewa. Misalnya, Albert Einstein sampai pada kesimpulannya tentang ruang dan waktu setelah secara imajinatif melontarkan dirinya ke antara planet-planet di mana ia berkeliling dengan menunggangi sinar rembulan. Kemampuannya untuk menjadi seperti anak kecil membantunya menjadi raksasa di antara kaum intelektual.
Imajinasi yang kuat juga penting bagi daya ingat yang kuat. Inilah salah satu alasan mengapa orang yang telah berusia lanjut sering mengeluh ingatannya buruk. Mereka membiarkan imajinasi mereka memburuk sedemikian rupa sehingga pikiran mereka tidak lagi menciptakan gambaran-gambaran yang akan ''Melekat'' dalam benak mereka. Setiap kali merekam ingatan dalam tempat penyimpangan ingatan kita, kita menggunakan imajinasi dan daya visualisasi untuk menciptakan suatu gambar. Keefektikan kita dalam menciptakan gambar itu menentukan mudah tidaknya kita mengingat kembali informasi itu.
Selain itu, imajinasi yang kuat diperlukan dalam membuat tubuh dan pikiran anda santai. Misalnya, jika anda bisa secara total membayangkan suatu pemandangan alam, misalnya pantai, anda akan mempunyai kemampuan untuk santai sesuai dengan kehendak anda. Betapa berharganya imajinasi anda! Sebaliknya, seseorang yang tidak mengembangkan imajinasinya akan lebih sulit bersantai.

(taken from 'Being Happy - Andrew Matthew- pagea 68-70)
Share:

Senin, Juni 03, 2013

Kreativitas Memasak

Satu hal yang menarik dilakukan di sekolah sebagai implementasi pembelajaran menarik dan menyenangkan adalah memasak. Dalam konteks pembelajaran aktif, memasak adalah kegiatan yang secara langsung bisa dilihat hasilnya. Anak yang memiliki kreativitas dan kemauan belajar yang tinggi akan menghasilkan masakan yang menarik dan tentu saja enak.
Kalau saya coba komparasi ke konsep di Waldorf School yang memakai pemikiran Rudolf Steiner, memasak adalah salah satu bentuk berkarya yang secara filosofis mengenalkan kepada anak tentang pentingnya mengolah makanan untuk bekal hidup saat mereka dewasa.
Memasak setelah mereka menanam dari awal benih sampai layak untuk ditanam. Banyak hal menarik di sisi itu, anak bisa diajak untuk merasakan makanan sendiri dari hasil tanaman yang ditanam sendiri di kebun sekolah. Ini bentuk idealnya, bentuk praktisnya bisa saja memasak dari bahan makanan yang sudah disediakan. Misalnya anak memasak telur, nasi, dan lain-lain.
Kemandirian harus ditanamkan sejak dini mulai dari sekolah. Memasak adalah bagian dari pelajaran kemandirian yang akan berguna kelak ketika mereka dewasa saat semua harus dikerjakan sendiri.
Nah, sekolah sejatinya mengajarkan pengalaman-pengalaman yang harus menjadi bekal mereka dikemudian hari saat anak-anak tumbuh dan berkembang untuk menjalankan perannya di kehidupan. Berikan makna pada setiap aktivitasnya agar semuanya terasa bernilai. 

Memasak telur itu menyenangkan, anak-anak menyukainya!
Share:

Jumat, Mei 31, 2013

Koran Bekas Bungkusan

Saya teringat ketika membaca koran waktu kecil, bertanya pada ibu tentang siapa yang suka menulis di koran. Sebagai anak kecil yang penasaran, saya selalu tertarik mengetahui hal baru dari koran walaupun koran bekas bungkus baju, atau makanan. Beruntung, Ibu tidak langsung membuang koran bekas bungkusan tersebut. Inilah awal ketertarikan saya pada dunia tulis menulis.
Newspaper http://www.freegreatpicture.com
Keluarga kami tidak langganan koran, sekalinya langganan yang saya ingat Tabloid Hikmah, itu karena Bapak saya menilai tabloid ini sarat dengan nilai-nilai islam. Dahulu, bapak langganan Panji Mas. Saya menemukan arsipnya yang banyak diperpustakaan rumah. Sudah kotor, berdebu dan kusam. Saya menemukan tulisan-tulisan Hamka serta Muhammada Hatta di majalah tersebut.
Semakin saja saya penasaran tentang sosok dibalik berita serta opini-opini yang muncul. Ibu mengatakan bahwa orang yang suka menulis berita adalah wartawan. Sementara dari kakak saya mengetahui jenis wartawan, wartawan tetap dan wartawan freelance. Saya juga mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua jenis wartawan tersebut dari dia. Karena begitu asiknya membaca koran, saya pernah bermimpi menjadi wartawan. Saya membayangkan betapa saya akan menjadi sosok dibalik berita yang ditulis dikoran, majalah ataupun tabloid. 
Memasuki dunia mahasiswa, saya berkenalan dengan Unit Pers Mahasiswa (UPM) Isola Pos. Ketertarikan saya pada mulanya dari mimpi kecil saya menjadi wartawan. Saya masih ingat ketika membaca salah satu poster training pers dan jurnalistik berbunyi ''Tertarik dunia wartawan, kepenulisan dan media? Ayo ikuti Training Pers dan Jurnalistik Mahasiwa (TPJM)''. Tahun pertama kuliah saya tidak mengikuti, baru pada tahun ketiga saya bisa mengikuti rangkaian kegiatan training pers tersebut. Tidak cukup hanya dikampus, saya mengikuti juga training pers diluar kampus.
Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari training pers tersebut, terutama dunia mimpi kecil saya menjadi wartawan. Saya melatih diri membuat tulisan, saya melatih membuat berita dan berlatih mengelola media. Pengalaman yang berharga menjadi bagian dari dunia jurnalistik ini membuat saya semakin jatuh cinta pada dunia baca, tulis dan fotografi. Selain menambah uang beli buku ketika mahasiswa, pengalaman ini membukakan pada satu kenyataan bahwa menjadi wartawan itu mengasyikan walaupun resiko dan beban pekerjaannya berat. Teman saya sampai mengatakan tidak ada Tuhan selain deadline, saking begitu kerasnya mengejar deadline. Untuk teman yang satu ini, saya angkat topi atas pencapaian prestasi luar biasanya dalam mempraksiskan teori. Saya salut sama dia, saya belajar banyak pada dia.
Menjadi wartawan freelance, itulah saya. Dalam beberapa tahun yang lalu, saya pernah menjadi wartawan cabutan. Hanya bertugas kalau ada materi yang harus ditulis. Saya merasa merdeka menjadi wartawan seperti ini, saya tidak dikejar deadline. Kalaupun deadline, tenggang waktunya cukup untuk mengerjakan hal lain. 
Sampai hari ini, saya merasa dunia jurnalistik masih menjadi bagian hidup saya. Saya tetap menulis seperti sedia kala. Menulis membuat energi berlimpah, apalagi mewujud buku atau artikel yang dimuat di majalah, koran, atau media cetak lainnya. Sekarang, media online juga butuh menulis. Content is King, dan saya merasakan betul sebuah ide segar untuk mengisi konten itu sangat berharga. Hati-hati pencuri konten!
Nah.. kembali ke masa lalu, beruntung Ibu saya tidak langsung membuang koran bekas bungkus belanjaan pasar, ternyata koran bekas bungkusan tersebut membuat saya tetap menyukai dunia tulis menulis dan baca hingga kini.
Share:

Solfing dan Handling

Dua kata baru untuk pendidikan alternatif adalah solfing dan handling. Kedua sama-sama penting dalam membangun karakter yang kuat di anak. Seorang anak yang memiliki kemampuan solfing dan handling terhadap apapun akan mampu menunjukan kepercayaan diri yang baik dibanding anak lainnya. Walaupun bukan untuk membanding-bandingkan tetapi kemampuan solfing dan handling ini sangatlah penting dalam konteks pendidikan.
Sebagai pendidik yang selalu mencari alternatif bentuk-bentuk menarik pendidikan, tentu saja dua kata ini sangat penting untuk dicatat. Saya katakan demikian karena kita membutuhkan generasi ini, generasi yang mampu menangani masalah dan mencari solusi serta memecahkan masalah sampai titik praktisnya. 
Banyak sekolah yang kemudian dikritik sistem pendidikan secara umumnya karena hanya mengajarkan teori tanpa menunjukkan prakteknya. Di sisi ini kita tidak bisa menyalahkan guru sebagai penggerak karena guru digerakan oleh sistem kurikulum. Apalagi dengan sosok pegawai dinas yang kaku seolah-olah semua harus sesuai kurikulum negara.
Tetapi jangan khawatir, selama modal kreatifitas kita miliki, maka hambatan dalam penghantaran metode yang menarik pasti akan kita dapatkan.
Mengajarkan anak bukan sekedar menunjukkan teori saja, tetapi menjiwai setiap proses pendidikan yang akan mereka rasakan hasilnya kelak di masa yang akan datang. Barengi teori dengan kemampuan menyelesaikan masalah secara praktis.
Bekerja sama membuat karya di Hari Bumi! Kerjasama akan menumbuhkan kepedulian. Secara tidak langsung mengajarkan praktek tentang pentingnya membangun kerjasama antar pribadi untuk mewujudkan harapan bersama.
Share:

Rabu, Mei 29, 2013

Dari Karya ke Karakter

Sebuah karya bisa menjelaskan pembuatnya. Karya menggambarkan seorang yang ulet, telaten, baik, pemarah, grasa-grusu, sabar, tidak sabar, dan sifat-sifat lainnya yang ada di anak. 
Karya juga menjadi sebuah bentuk inspirasi anak-anak untuk mengalami pengalaman mewujudkan sesuatu. Memberi pengalaman tentang kemandirian menghasilkan sesuatu. Mandiri untuk hidup dan tidak tergantung dari siapa pun selain Tuhan, tentu saja! 
Kemandirian anak adalah salah satu tujuan sekolah dan orangtua. Secara perlahan anak-anak dikenalkan pada dunia dan mereka harus memberikan makna kehidupannya pada dunia. Tidak tergantung lagi pada orangtua. Di jaman yang serba instan dan semua sudah tersedia ini, kemandirian untuk melakukan sesuatu, menghasilkan sesuatu adalah sebuah tantangan bersama.
Berkarya adalah salah satu solusi membangun kemandirian dan mengenal setiap pribadi anak. Jadikan berkarya sebagai keseharian yang kemudian akan menjadi kebiasaan. Jika sudah jadi kebiasaan yang menempel maka karakter anak yang mandiri bisa terwujud.
Karya anak tentang maket Desa Wayang
Share:

Senin, Mei 27, 2013

Crafting

Salah satu bagian paling menarik saat bergiat bersama anak-anak adalah crafting. Dengan berbagai media yang ada, crafting sangatlah menyenangkan. Banyak pembelajaran di dalamnya. Apalagi kalau kita menyelami konsep pembelajaran seperti yang dilakukan di Waldorf School. Sebuah konsep yang dikembangkan oleh Rudolf Steiner melalui pemahaman dan pendalaman spiritual yang tinggi, seorang pengajar atau guru seolah digiring untuk mengenali dirinya sendiri sebelum mengajar atau mendidik anak. Mendidik anak dalam paradigma berpikir  Rudolf Steiner bukanlah sekedar mengantarkan materi-materi pelajaran saja. Tetapi mengenalkan sebuah kehidupan dan makna yang harus mereka (anak-anak) dapatkan selama mereka hidupnya.
Ada penjelasan atau semacam perasaan yang mendalam, yang filosofis pada sebuah kegiatan crafting. Bukan sekedar membuat karya tetapi memberikan pengalaman spiritual pada anak-anak yang tumbuh setiap harinya.
Karya anak kelompok Mahoni tentang rumah dari bahan alami.
Share:

Kreatif Mengemas LKS

Kalau sekedar menghantarkan materi pelajaran, seorang guru tentu tidak akan sulit-sulit mengajarkan. Namanya menghantarkan berarti tinggal buat presentasi, buat lembaran soal, lalu perbanyak dan sebar ke anak-anak. Beres, permasalahan menjadi pengajar sangat simpel dan sederhana. Secara kewajiban, sebagai pekerja, menghantarkan materi sesuai RPP (katakanlah demikian) sudah selesai. 
Tugas guru sebagai penghantar materi pelajaran sudah kita selesaikan dan tinggal menunggu hasil tes yang dilakukan untuk melakukan evaluasi pada materi yang sudah dihantarkan. Anak mengerjakan dengan baik, hasil baik, fotokopian materi sudah selesai dilaksanakan. Kalau hasil baik semua dan indikator RPP sudah dicapai, maka pengajar sudah selesai. 
Tapi memberi makna dan nilai pada sebuah penghantaran materi sangatlah berbeda. Butuh kualitas guru dan kreativitas guru untuk mengemas sebuah bentuk LKS atau juga penghantaran materi yang lebih kreatif. 
Mengajar adalah sebentuk kerja kreatif yang membutuhkan banyak pemikiran kreatif di dalamnya. Tidak sekedar menyampaikan materi saja, tetapi mengemasnya menjadi sesuatu yang asyik, menyenangkan, dan menarik untuk dipelajari. 
Banyak sisi-sisi yang kreatif kalau guru mau membuka diri. Jangan terpatok pada buku paket. Saya tidak mau berada dalam frame berpikir pengarang buku, digiring untuk mengikuti tanpa meliht sisi lainnya. Misalnya memotokopi LKS dari buku tanpa ada pengolah terlebih dahulu.
Selalu cari sisi-sisi lainya agar pembelajar semakin menarik dan menyenangkan.
Ini adalah karya anak kelas 4 tentang materi keragaman budaya di Indonesia.
Sisi-sisi kreatif yang ada pada diri guru dan anak-anak harus saling melengkapi. Guru hanya memberi stimulan dan anak-anaklah yang mengembangkannya lebih dalam dan lebih menarik. Mari menjadi inspirasi kreatif bagi lingkungan!


Share:

Postingan Populer