Ruang Sederhana Berbagi

Selasa, April 04, 2017

Ketika Aku Melawan Stigma Yang Disematkan Orang Lain Pada Anakku

"Seandainya aku menyerah, mungkin aku gak bisa lihat anakku sekarang kuliah di Perguruan Tinggi" demikian seorang ibu memulai pembicaraan. "Di sini pentingnya kenapa guru gak boleh menjudgement, menghakimi, ataupun memberikan penilaian pada anak didiknya" ibu dari seorang anak sebut saja namanya Merah Delima. Penilaian akan melekat terus dalam diri anak. Jika penilaiannya salah, kasihan anak tersebut. Seolah-olah ia sudah diberi cap seumur hidupnya oleh orang lain.

Merah Delima lahir normal, ia tidak menunjukan gejala apapun sampai usia lima tahun. Menjelang masuk sekolah, ia mulai terlihat berbeda dari anak-anak seusianya. Merah Delima tidak bisa diam. Selalu berlari-lari ke sana ke mari. Gak mau duduk bersama teman-temannya.

Penasaran dengan kondisi anaknya, sang ibu membawa Merah Delima ke psikolog. Hasilnya di luar dugaan. Berdasarkan hasil observasi psikolog, Merah Delima dinyatakan mendapatkan nilai psikotest di atas rata-rata. Ia termasuk anak yang jenius. Ibunya setengah tidak percaya menerima hasil tersebut karena Merah Delima tidak bisa membaca sampai kelas 2 Sekolah Dasar. Penilaian itu dirasa tidak tepat karena Merah Delima seolah berbanding terbalik dengan penilaian orang lain. Baik teman-temannya, gurunya, dan orangtua yang lain. Merah Delima disebut anak bodoh, gak bisa diatur, dan segala stigma negatif yang muncul karena perilaku masa kecilnya 'berbeda' dari anak-anak seusianya. 

Jangan tanya jika menerima nilai raport kelasnya, Merah Delima selalu menjadi anak dengan urutan nilai paling akhir, pertama dari urutan terakhir. Nilai-nilai pelajarannya banyak yang 'merah'. Kalau istilah sekarang jauh dari KKM. Beruntung dia bukan sekolah di SD Konvensional yang nilai raport menentukan kenaikan kelas. Merah Delima terus naik bersama teman-temannya. 

Mendapatkan penilaian buruk dari orang lain tak lantas membuat ibunya patah semangat, sang ibu tetap yakin jika anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Ia percaya dengan dorongan positif dan kasih sayang yang terus diberikannya. Setiap malam ia doakan Merah Delima. Membawa harapan dan membisikan kata-kata positif seperti, "ibu yakin kamu bisa belajar dengan baik" "Merah Delima anak yang kreatif" "Merah Delima mampu menjadi anak baik yang selalu ceria dan menyenangkan bersama teman-teman" serta semua dorongan dan doa positif darinya yang selalu disampaikan kepada Merah Delima.

Sang ibu mengenang, kegiatannya di Sekolah Dasar yang tidak bisa bergerak lama kelamaan membentuk pola. Merah Delima ternyata menari! Ia mengikuti irama alam semesta. Bersyukur, Sekolah alternatif tempat Merah Delima bertemu teman-temannya termasuk sekolah yang tidak melakukan penilaian kepada anak didiknya terutama nilai angka-angka seperti pada umumnya sekolah.

Kesenangan menari tersebut ternyata mampu diakomodir oleh sang ibu. Merah Delima masuk kelas balet. Ia belajar balet dengan cepat dibandingkan anak-anak lainnya. Keseimbangan motorik kasarnya terbukti menjadi penguat untuk dirinya melakukan gerakan-gerakan balet. 

Kegiatan lainnya seiring waktu bisa diikuti dengan baik oleh Merah Delima. Nilai pelajaran umum yang awalnya ditakuti oleh orangtuanya secara perlahan mampu ia lewati dengan hasil yang sangat memuaskan. 

Kini, Merah Delima sedang meraih cita-citanya kuliah di sebuah perguruan tinggi sesuai dengan minat dan cita-cita. "Ah, jika saja saya terjebak stigma dan penilaian orang lain pada anakku, mungkin aku gak bisa melihat anakku kuliah dengan kemandirian yang besar" katanya menutup pembicaraan dengan setitik air turun dari sudut matanya mengenang kisah perlawanannya pada penilaian orang lain.

Hilangkan segala penghakiman pada anak dan biarkan dia belajar dengan nyaman sesuai cara terbaiknya.



Share:

0 komentar:

Postingan Populer