Ruang Sederhana Berbagi

Senin, April 10, 2017

Sisi Lain Tebing 125 Citatah Padalarang Selain Untuk Kegiatan PanjatTebing

Nama Tebing Citatah 125 sudah tidak asing lagi bagi para pegiat alam terbuka dan juga para pecinta alam di Indonesia. Bisa jadi tidak asing juga untuk para pemanjat dunia. Dengan berbagai tingkat kesulitan yang ada di tebing Citatah 125 atau terkenal juga dengan nama Tebing 125 atau gunung Pabeasan, memberikan tantangan yang sangat besar untuk para pemanjat tebing.

Kelompok Pecinta Alam di Bandung sering menggunakan tebing 125 ini untuk latihan. Tebing yang berada di wilayah pengelolaan Kopasus ini bukan sembarang tebing. Tebing khusus yang tidak bisa diakses secara umum tanpa ijin dari Kopasus. Setiap kali mau mengadakan pemanjatan, kita harus mengirim surat perijinan ke PUSDIKPASUS di Batujajar, Bandung Barat. Setelah ijin keluar barulah kita boleh mengakses tebing untuk berlatih bersama.

Sisi Lain Tebing Citatah

Selepas mendapat ijin dari Kopasus, barulah kita bisa meminta ijin kepada komunitas setempat. Namanya Suku Badot. Suku Badot adalah sebuah komunitas yang sering melakukan kampanye peduli lingkungan terutama kawasan karst. Suku Badot sering melakukan kegiatan bersama masyarakat dan pelajar bertajuk ulin bareng sekalian memberikan penyadaran lingkungan. Dengan tanda pagar Save Kawasan Karst, Save Tempat Bermain, mereka menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan terutama dari kerakusan manusia dalam menambang kapur, menghancurkan gunung-gunung kapur dan mengotori udara dari pabrik pengolahannya.

Tapi tahukah anda, ada sisi-sisi lain dari tebing ini yang juga menarik untuk dijelajahi. Inilah sisi-sisi lain tebing yang menjulang di kawasan Padalarang, Bandung Barat tersebut:

1. Gua


Terletak di sisi kiri jika kita menghadap tebing. Gua yang terbentuk secara alamiah tersebut sangat cocok untuk kegiatan bersama siswa sekolah baik Sekolah Dasar, Menengah, dan Atas. Kita bisa mengeksplorasi banyak pelajaran di gua tersebut.

2. Saung Belajar


Tepat di area bawah dekat tempat parkir ada sebuah saung yang berisi perpustakaan dan tempat belajar. Di saung ini, anak-anak dari sekitar tempat  belajar bersama-sama. Dengan suara mesin pabrik yang terus menderu, saung ini seolah mengukuhkan peran pendidikan alternatif yang terus bermunculan dengan caranya sendiri.

Nah itulah sisi lain dari tebing 125 yang menarik. Banyak sisi-sisi lainnya yang bisa kita kaji misalnya tentang Suku Badot, serta masyarakat setempat yang ada di sekitar lokasi tebing. Saya masih ingat ketika pertama kali menginjakan kaki di Tebing 125 untuk mengikuti pelatihan Panjat Tebing bersama Skygers, lokasi masih alami. Tidak banyak pepohonan, rumah penduduk, dan pabrik. Kini sudah berganti rupa. Walaupun demikian kepedulian untuk menjaga kawasan karst harus terus dikampanyekan agar kita tidak kehilangan tempat bermain seperti yang sering disampaikan oleh Suku Badot.

[semua foto di sini diambil oleh Iden Wildensyah] 
Share:

0 komentar:

Postingan Populer