Ruang Sederhana Berbagi

Sabtu, Maret 03, 2012

10 Aturan Emas (Golden Rules)

10 Aturan emas berikut ini tidak hanya berlaku sebagai kredo bagi FIFA sebagai badan sepak bola dunia tetapi juga mendorong rasa persaudaraan dan kerja sama di antara anggota keluarga sepak bola di seluruh dunia. Kenalilah 10 aturan emas ini dan berbagilah semangat kode etik ini sebagai fokus utama dalam permainan secara individu maupun tim.

  1. Bermainlah untuk menang. Kemenangan adalah tujuan dari setiap permainan. Jangan pernah bermain untuk kalah. Jika kamu tidak bermain untuk menang, berarti kamu telah mencurangi lawanmu, menipu para penonton, dan dirimu sendiri. Jangan pernah menyerah terhadap lawan yang lebih kuat, namun jangan pula memberi belas kasihan kepada lawan yang lemah. Merupakan suatu hinaan bagi setiap lawan jika kamu bermain tidak sepenuh kekuatan. Bermainlah untuk menang hingga peluit akhir berbunyi.
  2. Bermainlah secara fair. Kemenangan tidak akan berarti jika dicapai dengan tidak fair atau tidak jujur. Kecurangan sangat mudah dilakukan tetapi tidak akan memberikan kesenangan apa pun. Bermain secara fair menuntut keberanian dan karakter. Permainan seperti ini juga bisa lebih memberikan kepuasan. Bermain secara fair akan selalu dihargai, meskipun kalah dalam permainan. Bermain fair akan mendapatkan 
    penghormatan; sedangkan kecurangan akan dibenci. Ingat, ini hanyalah permainan. Permainan tidak akan berarti jika tidak dimainkan secara fair.
  3. Perhatikan hukum permainan. Semua permainan membutuhkan peraturan. Tanpa peraturan, maka yang terjadi adalah kekacauan. Peraturan sepak bola sangat sederhana dan mudah dipelajari. Upayakan untuk mempelajari peraturan-peraturan tersebut sehingga kamu akan lebih bisa memahami permainan ini. Pemahaman ini akan menjadikanmu sebagai pemain yang baik. Kamu juga perlu memahami semangat permainan. Peraturan dirancang untuk membuat permainan menjadi lebih menyenangkan untuk dimainkan dan ditonton. Dengan mematuhi peraturan yang ada, kamu bisa lebih menikmati permainan ini.
  4. Hormatilah lawan, rekan satu tim, wasit, ofisial, dan penonton. Fair play berarti terhormat. Tanpa lawan, tidak akan pernah ada suatu permainan. Lawanmu memiliki hak yang sama denganmu, termasuk hak untuk dihormati. Rekan-rekan satu timmu adalah mitra-mitramu. Kamu membentuk suatu tim yang semua anggotanya memiliki kedudukan yang sama. Para wasit bertugas menjaga kedisiplinan dan fair play. Kamu harus selalu menerima semua keputusan para wasit tanpa memberikan sanggahan dan membantu mereka untuk membuatmu lebih menikmati permainan ini. Para ofisial merupakan bagian dari permainan dan juga harus dihormati. Penonton adalah pemberi suasana permainan. Mereka ingin permainan dimainkan secara fair play, tetapi mereka sendiri juga hams bersikap fair play.
  5. Terimalah kekalahan dengan penuh kehormatan. Tidak ada seorang pun yang selalu memenangkan permainan. Kamu kadang-kadang menang, kadang-kadang juga kalah. Belajarlah untuk kalah secara terhormat. Jangan mencari-cari alasan. Karena alasan yang sebenarnya selalu akan muncul dengan sendirinya. Berilah ucapan selamat kepada pemenang dengan penuh kehormatan. Jangan salahkan wasit atau orang lain. Segera tegaskan untuk tampil lebih baik pada kesempatan lain. Pecundang yang baik lebih dihargai daripada pemenang yang buruk.
  6. Majukan kepentingan sepak bola. Sepak bola adalah permainan terbesar di dunia, tetapi sepak bola menabutuhkanmu untuk tetap menjadi nomor 1. Utamakan kepentingan sepak bola di atas kepentingan pribadimu. Pikirkan tentang bagaimana tindakanmu bisa memengaruhi citra permainan ini. Bicarakan tentang hal-hal yang positif di dalam permainan. Doronglah orang lain untuk menonton pertandingan atau memainkannya secara fair. Bantulah orang lain mendapatkan hal sebanyak mungkin dari sepak bola seperti kamu sendiri. Jadilah duta permainan ini.
  7. Tolak korupsi, narkoba, isu SARA, kekerasan, dan bahaya lain bagi olahraga kita ini. Popularitas sepak bola yang luar biasa ini kadang membuatnya rentan terhadap kepentingan luar yang bersifat negatif. Awasi mereka yang ingin menggodamu untuk berbuat curang atau menggunakan narkoba. Narkoba tidak memiliki tempat di dalam sepak bola atau olahraga lain. Katakan tidak pada narkoba. Bantulah menghapus isu SARA dari sepak bola. Perlakukan semua pemain dan setiap orang secara sama, tanpa mempertimbangkan warna kulit atau asal etnis. Tunjukkan bahwa sepak bola tidak menginginkan kekerasan, bahkan dari penggemar sekali pun. Sepak bola adalah olahraga, dan olahraga itu damai.
  8. Bantu orang lain menolak tekanan-tekanan untuk bertindak korupsi. Kamu mungkin mendengar rekan satu timmu atau orang lain yang kamu kenal digoda untuk berbuat curang. Mereka membutuhkan bantuanmu. Jangan enggan untuk mendukung mereka. Berikan mereka kekuatan untuk menolak. Ingatkan mereka tentang komitmen mereka kepada rekan satu tim dan permainan. Bangunlah solidaritas yang kuat, seperti pertahanan yang kuat dalam lapangan permainan.
  9. Laporkan mereka yang mencoba mengotori olahraga kita ini. Jangan malu untuk menunjuk setiap orang yang kamu yakini sedang membujuk orang lain untuk berbuat curang. Lebih baik mengungkapkan seseorang dan mengeluarkannya sebelum menyebabkan kerusakan. Dibutuhkan keberanian yang besar untuk melaporkan apa yang salah daripada mengikuti rencana yang kurang baik. Kejujuranmu akan dipuji tetapi keterlibatanmu dalam rencana yang kurang baik tersebut tidak akan dihargai. Jangan sekedar mengatakan tidak. Laporkan penjahat yang mencoba mengotori olahraga kita sebelum mereka bisa membujuk orang lain untuk mengatakan ya.
  10. Hargai mereka yang mempertahankan reputasi baik sepak bola. Nama baik sepak bola telah mampu bertahan karena kebanyakan orang yang mencintai permainan ini memiliki sikap yang jujur dan fair. Kadang seseorang melakukan suatu tindakan khusus yang membutuhkan penghargaan. Orang ini hendaknya dihargai dan keteladanannya yang baik disebarluaskan ke masyarakat. Ini akan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Bantulah memajukan citra sepak bola dengan menceritakan hal-hal yang baik.
Share:

0 komentar:

Postingan Populer