Ruang Sederhana Berbagi

Jumat, Juni 05, 2015

Sisi Lain Bermain, Bertualang, dan Belajar

"Pengalaman adalah guru terbaik. Menghadirkan pengalaman adalah bagian terbaik yang bisa dilakukan oleh guru agar anak-anak bisa belajar secara mengasyikan dan menyenangkan". 
Bermain, Bertualang, Belajar

Di Sekolah Alam Bandung, anak-anak mengalami dan belajar langsung dari setiap proses yang mereka jalani. Lewat kegiatan wirausaha, mereka mengalami langsung belajar mandiri dalam mencari ide usaha, mewujudkannya, dan mengevaluasinya. Wirausaha mengajarkan empati, sikap pantang menyerah, dan kreativitas. Selain itu, mereka juga belajar langsung lewat kegiatan outbond.

Outbond mengajarkan banyak hal yang sangat positif untuk perkembangan anak didik. Mengalami langsung risiko di alam terbuka, mengantisipasi risiko, memperhitungkannya, kemudian menikmati setiap prosesnya dengan baik. 

Bermain, Bertualang, Belajar! Ingat itu, sejatinya semua hal menjadi sangat menyenangkan saat kita tidak mematok kelas sebagai tempat belajar. Belajar di mana saja, kapan saja, dari siapa saja. Belajar sepanjang masa karena belajar adalah kewajiban. Tempatnya tidak wajib dari sebuah ruang khusus berukuran tertentu dengan pakem kurikulum yang ditentukan orang lain. Belajar adalah bermain, belajar adalah bertualang, belajar adalah belajar. Bangga bisa menjadi bagian dari mereka yang terus belajar dan berkarya.

Banyak sekali pengalaman unik yang mereka tuliskan dalam buku yang berjudul Bermain, Bertualang, Belajar ini! Apresiasi kepada guru-guru dan fasilitator di SAB yang sudah mengantarkan mereka sampai jenjang SD 6 dengan baik. Terima kasih!



Share:

0 komentar:

Postingan Populer