Ruang Sederhana Berbagi

Senin, Maret 15, 2010

Tak Ada Lapang Besar, Futsal aja!

"Please, don't call me arrogant. I have won Champions League title with Porto, I am The Special One"
- Jose Mourinho
Sepakbola sedang mengalami gairah yang meningkat. Aura Liga Indonesia atau Piala Dunia terasa disetiap sendi anak muda saat ini. Di desa, di kota dimanapun gairah itu sedang naik. Kota, ruang terbatas, gairah sepakbola meningkat, maka Futsal jawabannya. Di sebuah ruangan yang terbagi dua lapang masing-masing berukuran panjang 25-42 m x lebar 15-25 m itu, energi tertumpah. Menendang, menyundul, slading, mengover, mentakle, menggiring bola dan memasukan ke gawang lawan. Energi sepakbola memang mengasyikkan.
Futsal Indoor di Gegerkalong Bandung (dok.pribadi) 

Bisnis, ah lagi-lagi olahraga tidak lepas dari kata yang satu ini. Futsal adalah media bisnis yang paling menggiurkan. Di kota Bandung misalnya terhitung lebih dari puluhan tempat futsal dari yang sederhana sampai yang mewah ada. Sederhana maksudnya fasilitas yang tersedia hanya satu lapangan dengan lantai biasa, sementara yang mewah atau lebih dari sederhana misalnya memakai ruangan luas, rumput sintetis dan penerangan yang memadai. Terasa bedanya ketika bermain di lapangan lantai cor-coran biasa dengan bermain di atas rumput sintetis. Inilah nilai lebihnya fasilitas yang berbanding lurus dengan harga sewa tiap jamnya.

Karena gurihnya bisnis ini, beberapa lokasi futsal di Jalan Antapani Kota Bandung, berjajar bahkan nyaris berdampingan satu sama lain. Belum lagi ditambah yang masuk ke gang-gang kecil di sekitar perumahan. Kondisi yang unik ini menunjukan bahwa geliat bisnis penyewaan lapangan futsal berkembang sangat pesat.
Ada aturan tidak tertulis jika mau membangun fasilitas futsal, tidak ada lahan luas untuk sepakbola. Jika lapangan sepakbola masih banyak atau lahan luas masih tersebar dimana-mana, penyewa lapangan futsal akan sedikit. Itulah mengapa futsal berkembang dengan cepat diperkotaan yang nota bene lahan terbukanya sudah habis oleh perumahan atau gedung-gedung.

Jadi jika tidak ada lapang besar, futsal aja. Bisa jadi bukan karena tidak ada lapang besar tetapi mengumpulkan 2 team (22 orang) untuk bertanding di sepakbola lapangan besar lebih sulit dibandingkan mengumpulkan 2 team (10 orang) untuk bertanding di lapangan futsal. Kalau bagi saya, futsal tidak begitu cape, kalaupun kehabisan nafas bisa bergantian hehe.
Inilah futsal yang meramaikan persepakbolaan kota besar.
Futsal (dok.pribadi)
Futsal Indoor (dok.pribadi)
Menggiring Bola Futsal (dok.pribadi)
Menggiring Bola Futsal (dok.pribadi)
Mengocek Bola (dok.pribadi)
Mengocek Bola (dok.pribadi)
Futsal Outdoor (dok.pribadi)
Futsal Outdoor (dok.pribadi)
Futsal yang dinamis (dok.pribadi)
Futsal yang dinamis (dok.pribadi)
Futsal memang mengasikan, tidak ada lapang besar, futsal aja !
Share:

0 komentar:

Postingan Populer