Ruang Sederhana Berbagi

Senin, Mei 26, 2008

kutipan

"Dalam konteks gerakan lingkungan, maka tantangan yang semakin besar di masa mendatang mengharuskan kita untuk melakukan reposisi gerakan lingkungan menjadi gerakan sosial, karena ini adalah satu-satunya jalan untuk menghadapi dominasi pasar dan globalisasi" (Iden Wildensyah, Pecinta Alam dan Paradigma Gerakan Lingkungan. 2003)
Share:

Minggu, Mei 25, 2008

tulisanku

Membeli Struktur

oleh Iden Wildensyah

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S Poerwadarminta, Struktur adalah cara bagaimana sesuatu disusun;bangunan, struktural adalah mengenai bangun atau rangka (tentang bangunan).

Membeli rangka atap baja ringan adalah membeli struktur, struktur yang terjamin kuat akan memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan pembelinya. Bila dianalogikan dengan membeli nasi goreng maka nilai lebih dari sekedar membeli nasi bukan hanya membuat kenyang tetapi juga kepuasan akan rasa dari aneka nasi goreng tersebut. Jika membeli baja ringan adalah membeli struktur maka pastikan struktur yang dibeli memberikan keamanan pembelinya tidak sekedar membeli rangka atap baja ringan saja. Pertanyaanya adalah apakah harga yang menentukan struktur atau sebaliknya struktur yang menentukan harga?.

Penentuan harga tentang mahal atau tidaknya struktur rangka atap baja ringan relative (tidak mutlak), setiap produsen dan aplikator mempunyai cara yang berbeda dalam menentukan harga yang pantas untuk produknya. Tetapi struktur, bagaimanapun sama. Sama-sama harus menjamin kenyamanan costumer. Jangan tergiur harga murah karena ditakutkan adanya pengurangan-pengurangan pada elemen dasar struktur rangka atap baja ringan seperti pengurangan bracing (ikatan-ikatan) atau aksesoris lainnya yang penting bagi sistem sruktur tersebut. Katakanlah nilai harga strukturnya murah, lalu material pun tentunya akan disesuaikan dengan kondisi harga tersebut. Tetapi bila struktur dulu (material dan aksesoris didalamnya) baru harga, maka harga tersebut menjadi jaminan pada struktur yang dibeli.

Struktur kekuatan rangka atap baja ringan ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah bentuk profil dan analisis software. Analisis rangka atap baja ringan ini akan menentukan kekuatan, kekakuan, dan kualitas sistem struktur. Analisis yang akan menjadi dasar sebelum eksekusi dilapangan atau lebih tepat perakitan. Hasil analisis harus bisa dipertanggungjawabkan oleh semua elemen dalam organisasi perencanaan dan pelaksanaan. Kualitas analisis dikontrol dan akan terbukti setelah kuda-kuda dipasang. Seorang supervisor sebisa mungkin menjaga hal ini agar kualitas didapat oleh produsen ataupun konsumen.

Sejauh ini analisis perencanaan didukung dengan analisis empiris lapangan, hal ini menjadi penting dalam kondisi misalnya, bentuk ring balk yang tidak ideal akan menjadi masalah bagi perakitan yang dianalisis di atas meja (sofware khusus maksudnya). Nah….. Pengalaman disini menjadi pertimbangan dalam memutuskan pemasangan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi jangan salah kadang ada juga produsen yang hanya mengandalkan analisis empiris atau pengalaman saja, hal ini bisa dilihat dari tidak adanya panduan teknis, gambar kerja serta analisis struktur menurut versi sofware khusus rangka atap baja ringan. Hanya berbekal pengalaman saja tidak cukup, diperlukan analisis struktur mendalam terhadap perlakuan gaya-gaya yang bekerja. Menghilangkan faktor ini bisa berakibat fatal, seperti kuda-kuda yang melendut atau mungkin saja lebih fatal lagi kuda-kuda roboh. Siapapun tidak menghendaki kasus seperti ini. Maka teliti sebelum membeli adalah solusi yang bijak agar keamanan dan kenyamanan struktur atap rumah bisa terjamin.

Diantara banyak faktor pertimbangan lain dalam membeli struktur adalah elemen-elemen dasar yang menentukan sistem struktur. Elemen ini juga perlu diketahui agar tidak terjebak pada kondisi seperti membeli kucing dalam karung.

Elemen dasar Baja Ringan

Bahan dasar baja ringan adalah Carbon Steel, Carbon Steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang prosentase maksimum selain bajanya sebagai berikut: 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon, 0.60% Copper. Carbon adalah unsur kimia dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4.2 dan Mangan adalah unsur kimia dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. Carbon dan Manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. Penambahan prosentase Carbon akan mempertinggi Yield Stress tetapi akan mengurangi daktilitas.

Bahan dasar baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

Adapun coating (pelapis/pelindung) baja ringan dari karat yang beredar adalah zinc/galvanis, zincalume, dan zincalume dengan penambahan magnesium. Lapisan coating ini melindungi bahan dasar baja ringan dari karat.

Penutup

Jika Atap merupakan bagian dari suatu bangunan rumah yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam bangunan dari cuaca dan benda-benda lain yang dapat mengganggu seperti, hujan, panas, angin, debu, dan lain sebagainya. Maka atap harus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya dari gangguan-gangguan tersebut. Karena itu pastikan bahwa konstruksi atap bangunan yang akan dibeli memenuhi kaidah struktur yang bisa dipertanggungjawabkan agar struktur rangka atap yang dibeli memberikan kenyamanan bagi costumer.

“Tidak ada hal hebat yang tercipta dalam sekejap” (Epictetus. Filsuf Yunani)

Iden Wildensyah. Jurutera Uniontruss Bandung
Share:

never stop exploring!



Studi lapangan sungai citarum
Salah satu aspek penting pendidikan adalah eksplorasi, tinjauan lapangan dll. selain mengkomparasi teori dan kenyataan, studi lapangan juga membuka mata semua agar lebih peka dan lebih peduli terhadap realita, bahwasanya ada korelasi yang signifikan antara teori dengan realita. realita ini seharusnya menjadi pelajaran agar kebijakan dlsb, penelitian dlsb bisa aplikatif dan terpenting solutif dalam memecahkan masalah.
jadi mengutip salah satu produk outdoors activity " Never Stop Exploring"



my spesial gotta bag:-)
Share:

Senin, Maret 17, 2008

dari Property Bizz

Nasi Goreng dan Rangka Atap Baja Ringan

oleh Iden Wildensyah

Nasi Goreng sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, begitupun dengan Malaysia. Nasi goreng menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia berarti berbagai-bagai nama nasi menurut cara memasaknya atau campuran lauk pauknya (KUBI hal 795 W.J.S Poerwadarminta, Balai Pustaka). Di Malaysia dituliskan bahwa Nasi Goreng merupakan makanan panas segera yang lazat. Nasi yang digoreng bersama kicap dan ramuan lain mengikut selera mudah disediakan dan tidak memerlukan lauk tambahan, kecuali telur goreng mungkinnya. (ms.wikipedia.com)

Sejarah Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi Goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.

Nasi Goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Variasi

Nasi Goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat. Beberapa variasi nasi goreng yang terkenal diantaranya:

  • Nasi goreng kambing: Menggunakan daging kambing yang memiliki aroma khas.
  • Nasi goreng pattaya: Nasi goreng ini dibungkus dengan telur dadar.
  • Nasi goreng Fukien (atau Fujian): (bukan berasal dari Fujian) adalah nasi goreng yang berasal dari daerah Kanton, biasa disajikan dengan saus di atasnya.
  • Nasi goreng Singapura: Bukan berasal dari Singapura, ini adalah masakan dari daerah Kanton dengan bumbu kare kuning.
  • Nasi goreng Yangchow (atau Yangzhou): (biasa disebut juga nasi goreng spesial) - meskipun dinamakan "Yangzhou", nasi goreng ini sebenarnya bukan berasal dari daerah Yangzhou. Biasa disajikan dengan udang dan daging panggang. Nasi goreng spesial lainnya yang terkenal adalah nasi goreng dengan telur mata sapi.
  • Nasi goreng Yuanyang: Nasi goreng yang dihidangkan dengan dua macam saus. Saus yang pertama berwarna putih dan yang kedua berwarna merah. Terkadang saus itu disajikan dalam lambang Yin Yang atau simbol Taichi. (id.wikipedia.com)

Setiap variasi Nasi Goreng tentu memiliki rasa yang berbeda karena komposisi serta takaran yang disesuaikan dengan ketentuan penyajiannya, Demikian juga dengan harga, katakanlah, nasi goreng plus telur atau nasi goreng kambing akan berbeda dengan nasi goreng biasa. Harga akan menentukan rasa dan kualitas, karena ini menyangkut penyajian serta perbedaan komposisi yang membentuknya.

Rangka Atap Baja Ringan

Begitupun dengan rangka atap baja ringan, membeli rangka atap baja ringan berarti membeli struktur. Bukan sekedar membeli material saja tetapi juga membeli jaminan struktur yang bisa menjamin pembelinya merasa aman. Hal ini dikarenakan atap merupakan bagian dari bangunan yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam dari cuaca dan benda-benda lain yang dapat mengganggu seperti, hujan, panas, angin, debu, dll. Oleh karena itu atap harus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya dari gangguan-gangguan tersebut.

Disamping kemudahan dalam mendapatkan, kecepatan pemasangan, dan struktur yang kuat membuat rangka atap baja ringan cepat terkenal. Teknologi dalam perencanaan dan pemasangan rangka atap baja ringan beragam sesuai dengan profil dari elemen kuda-kuda itu sendiri. Profil kuda-kuda rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran terdiri dari profil Omega, profil C, profil Z, dan profil Hollow. Tiap profil memiliki kelebihan serta perbedaan prinsip dalam pemasangan.

Rangka atap baja ringan memiliki aturan-aturan struktur dalam pemasangannya yang harus sesuai dengan aturan teknis. Komposisi rangka atap baja ringan beragam, ini tentunya disesuaikan dengan jenis profil yang dipakainya. Seperti halnya nasi goreng, rangka atap yang beredar dipasaran pun bervariasi dalam komposisi dan harga.

UNIONtruss memiliki komposisi struktur yang lengkap disemua bagian, sehingga kekuatan maksimal rumah bisa tercapai. Hal ini di sebabkan karena membeli rangka atap baja ringan berarti membeli kekuatan struktur. Tidak seperti membeli nasi goreng yang bisa mengurangi komposisi bahan untuk menghemat harga atau sekedar menjadi lebih murah (contohnya nasi goreng tanpa telur).

Komposisi struktur rangka atap baja ringan UNIONtruss terdiri dari Footplate untuk dudukan kuda-kuda, Diapragma Plate untuk pelat pengaku, Wind Bracing untuk ikatan angin, Tensioner untuk pengencang Wind Bracing, Valley Gutter/talang, Angle Trim untuk sisi Valley Gutter, Fascia Bracket, ikatan stabilitas, ikatan atas dan ikatan bawah serta tentunya bentuk profil kuda-kuda Omega yang terbukti paling kaku dibanding bentuk profil lain. Setiap komponen aksesoris yang dipakai UNIONtruss memiliki fungsi Spesifik dan tidak tergantikan, sehingga kelengkapan aksesoris ini merupakan syarat mutlak dalam menciptakan suatu Sistem Struktur yang dapat dipertanggungjawabkan.

Nah…sebelum memilih rangka atap baja ringan baiknya komponen-komponen tersebut menjadi pertimbangan agar kualitas serta kekuatan struktur terjamin sehingga kenyamanan bisa didapat siapapun, karena bagaimanapun membeli rangka atap baja ringan adalah membeli struktur yang aman. UNIONtruss menjamin struktur yang dipasang sesuai dengan kualitas dan kenyamanan konsumen.

IDEN WILDENSYAH, Jurutera UNIONtruss Bandung.
Share:

Sabtu, Maret 08, 2008

doa seorang ayah (2)


Build me a son, O Lord,
who will be a strong enough to know when he is weak,
and brave enough to face himself when he is afraid;
one who will be proud and unbending in honest defeat,
and humble and gentle a victory..
Lead him, I pray, not in the path of ease and comfort,
but under the secret and spur of difficulties and challenges.
Let him learn to stand in the storm...
(Doa Jendral McArthur(1880-1964) untuk anaknya yang bernama Arthur)
Share:

Selasa, November 27, 2007

doa seorang ayah


Do'a Seorang Ayah

Tuhanku...
jadikan anakku seorang yang cukup kuat mengetahui kelemahan dirinya dan tetap berani menghadapi dikala ia takut
yang tetap bangga dan tidak hancur dalam menghadapi kekalahan serta tetap rendah hati dalam kemenangan.
Tuhanku...
jadikan anakku seorang yang percaya akan adanya engkau dan mengenal dirinya sebagai dasar segala pengetahuannya
Ya Tuhanku..
bimbinglah ia bukan dijalan yang gampang dan tanpa rintangan tetapi dijalan yang penuh tekanan, tantangan dan kesukaran
ajarilah ia agar sanggup berdiri tegak ditengah badai dan belajar mengasihi mereka yang tidak berhasil
Ya Tuhanku..
Jadikanlah anakku seorang yang berhati suci, bercita -cita luhur, sanggup mencintai dirinya sebelum mencintai orang lain dan mampu mengejar masa depan tanpa melupakan masa lalu.
Sesudah semuanya telah membentuk dirinya aku mohon juga Ya Tuhan, berilah ia sedikit rasa humor sehingga menjadi orang yang bersunguh-sungguh tetapi tidak berlebihan dan berilah ia kerendahan hati
Kesederhanaan dan kesabaran ini semua Ya Tuhan..
Hanya ada dalam kekuatan dan keagungan diriMu dan jika itu telah Kau kabulkan,Tuhanku..
Maka beranilah aku sebagai ayahnya berkata "hidupku tidak sia-sia"
( Jendral Douglas Mc Arthur )

Share:

aku menulis lagi


Menulislah...!!
bagiku menulis adalah aktualisasi ide, ya siang tadi aku ketemu seorang teman, dia menanyakan bagaimana aku menulis, bagaimana mengawalinya? aku jawab ringan saja, pada dasarnya setiap orang punya kemampuan menulis, hanya budaya lisan sudah mengakar hingga menulis menjadi sulit untuk dilakukan. seperti halnya berdiskusi dengan orang lain, menulis juga adalah kumpulan dari argumentasi-argumentasi yang tersusun rapi dalam kerangka yang kuat, kokoh dan tajam. kalau bahasa jurnalistiknya faktual dan aktual. btw menulis juga adalah proses bertanggungjawab, ketika sebuah argumen atau ide atau pendapat harus bisa dipertanggungjawabkan secara moril pada tuhan dan pada manusia tentunya. terlepas dari norma-norma dan aturan, menulis pada awalnya adalah sebuah aliran kata-kata yang keluar begitu saja, lalu setelah mengalir otak kita baru berperan. seperti halnya aliran air, bila tidak dikendalikan maka ia akan mengalir kesana-kesini. untuk mengarahkannya kita butuh proses berfikir, bukan hanya sekedar menulis.
Share:

Rabu, November 14, 2007

kodrat

Kodrat dan Takdir Manusia

Kodrat adalah 1. kekuasaan (Allah); kodrat dan iradat Tuhan, kekuasaan dan kehendak Tuhan; 2. kuasa;kekuatan; berjuang bertingkat-tingkat menurut kodrat; kodrat alam, a kekuatan alam, b. hukum alam; 3 sifat (tabiat dsb) yang asli; sifat bawaan. ((Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal 605 W.J.S.Poerwadarminta. Balai Pustaka 2006)

Takdir adalah yang sudah lebih dahulu ditentukan oleh Allah; keputusan Allah (Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal 1184 W.J.S.Poerwadarminta. Balai Pustaka 2006)

Takdir adalah suatu ketetapan akan garis kehidupan seseorang. Setiap orang lahir lengkap dengan skenario perjalanan kehidupannya dari awal dan akhir. Hal ini dinyatakan dalam Qur'an bahwa segala sesuatu yang terjadi terhadap diri seorang sudah tertulis dalam induk kitab. Namun pemahaman seperti ini tidak bisa berdiri sendiri atau belum lengkap, karena dengan hanya memahami seperti tersebut diatas dapat menyebabkan seseorang bingung untuk menjalani hidup dan mensikapinya. Disatu sisi seseorang

Takdir berarti kepastian atau ketentuan. Yaitu suatu ketentuan yang telah ditetap Allah SWT kepada setiap hambaNya.

Ada yang namanya Takdir Mubram yaitu suatu ketentuan yang bersifat pasti dan tak dapat dirubah oleh siapapun, seperti : Manusia pasti mati, dan ada yang namanya Takdir Muallaq, yaitu suatu ketentuan berdasarkan situasi dan kondiri, seperti : Kalau seseorang itu rajin belajar, maka ia akan pandai, tapi jika ia malas, maka ia akan bodoh. orang yang rajin bekerja, ia akan kaya, tapi yang malas berusaha, ia akan miskin (www.id.wikipedia.com)

Filsafat Ilmu

Iden Wildensyah (250320070012)

Share:

Jumat, November 02, 2007

dari PR yang lalu

Sehari tanpa Kendaraan Bermotor

Iden Wildensyah
Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan,
Universitas Padjadjaran

SEJENAK setelah kita melaksanakan aktivitas rutin memakai kendaraan setiap hari dari rumah, kantor, kampus, hari ini baiknya kita coba untuk mengurangi kadar polusi di Kota Bandung dengan melaksanakan kegiatan tanpa kendaraan pribadi. Tingkat polusi udara yang tinggi menyebabkan berbagai dampak yang mengerikan.

Hasil studi yang dilakukan di beberapa ruas jalan di Kota Bandung menunjukkan, komposisi asam sulfat (SO4) dan asam nitrat (NO3) mencapai 30% dari total debu di udara. Hal ini menyebabkan, hujan yang turun di Kota Bandung menjadi hujan asam. Studi tersebut juga mengidentifikasi komposisi kimia di dalam partikel seperti timbal (Pb), arsenik (As), amonium (NH4), dan logam berat lainnya. Sumber-sumber pencemar antara lain industri dan transportasi.

Prof. Dr. Otto Soemarwoto dalam satu kesempatan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat pernah mengatakan bahwa kadar timbal dalam darah sudah di atas ambang batas. Selain gejala disfungsi ereksi pada pria dewasa, timbal akan berujung pada gangguan reproduksi.

Hasil penelitian tentang kadar timbal (Pb) dalam darah anak sekolah beberapa SD dan SMP di Kota Bandung, yang dilansir “PR” (12/7), ternyata bisa lebih parah. Dengan kondisi pencemaran udara seperti saat ini, paling tidak 50 persen anak-anak (usia sekolah di Kota Bandung dipastikan memiliki kadar timbal dalam darah di atas ambang batas.

Ketika kadar timbal dalam darah ini sudah di atas ambang batas, gangguan kecerdasan pada anak-anak dan orang dewasa muncul. Bagi wanita hamil, selain bisa keguguran, putra atau putri yang dilahirkan pun bisa prematur atau gangguan lainnya. Selain itu, timbal yang masuk dalam paru-paru orang dewasa bisa menyebabkan iritasi pernapasan bahkan kanker paru-paru, emphisema, dsb.

CFD

Untuk mengurangi tingkat polusi akibat kendaraan, gerakan Car Free Day (CFD) sudah menyebar ke Eropa dan negara lain di dunia. CFD bermaksud membangkitkan kesadaran masyarakat tentang perlunya menjaga kebersihan udara. Gerakan ini dilakukan mengingat semakin tingginya ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor pribadi.

Keberhasilan CFD di beberapa negara ditindaklanjuti dengan semakin gencarnya pengurangan kendaraan bermotor pribadi. Namun, tentu saja ini diimbangi dengan peningkatan sarana angkutan umum massal dan pembangunan pedestrian.

Pada September ini, tepatnya tanggal 21 September, CFD kemudian menjadi acara tahunan dan dilakukan diberbagai belahan negara lain di dunia. Tanpa melakukan pengukuran ilmiah terhadap kadar pencemaran pun, warga bisa merasakan kotornya udara ketika bernafas.

Cara yang paling signifikan untuk menurunkan tingkat pencemaran udara adalah dengan beralih dari penggunaan kendaraan bermotor pribadi ke penggunaan alternatif transportasi non-motor.

Di saat kesadaran untuk menjaga kualitas udara ini menjadi penting bisa saja car free day tidak hanya dilakukan sehari, tapi setiap hari. Ketika kesadaran akan udara yang bersih, kita menjadi pelaku aktif untuk mengurangi tingkat pencemaran.***

Share:

Postingan Populer