Ruang Sederhana Berbagi

Rabu, November 14, 2007

kodrat

Kodrat dan Takdir Manusia

Kodrat adalah 1. kekuasaan (Allah); kodrat dan iradat Tuhan, kekuasaan dan kehendak Tuhan; 2. kuasa;kekuatan; berjuang bertingkat-tingkat menurut kodrat; kodrat alam, a kekuatan alam, b. hukum alam; 3 sifat (tabiat dsb) yang asli; sifat bawaan. ((Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal 605 W.J.S.Poerwadarminta. Balai Pustaka 2006)

Takdir adalah yang sudah lebih dahulu ditentukan oleh Allah; keputusan Allah (Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal 1184 W.J.S.Poerwadarminta. Balai Pustaka 2006)

Takdir adalah suatu ketetapan akan garis kehidupan seseorang. Setiap orang lahir lengkap dengan skenario perjalanan kehidupannya dari awal dan akhir. Hal ini dinyatakan dalam Qur'an bahwa segala sesuatu yang terjadi terhadap diri seorang sudah tertulis dalam induk kitab. Namun pemahaman seperti ini tidak bisa berdiri sendiri atau belum lengkap, karena dengan hanya memahami seperti tersebut diatas dapat menyebabkan seseorang bingung untuk menjalani hidup dan mensikapinya. Disatu sisi seseorang

Takdir berarti kepastian atau ketentuan. Yaitu suatu ketentuan yang telah ditetap Allah SWT kepada setiap hambaNya.

Ada yang namanya Takdir Mubram yaitu suatu ketentuan yang bersifat pasti dan tak dapat dirubah oleh siapapun, seperti : Manusia pasti mati, dan ada yang namanya Takdir Muallaq, yaitu suatu ketentuan berdasarkan situasi dan kondiri, seperti : Kalau seseorang itu rajin belajar, maka ia akan pandai, tapi jika ia malas, maka ia akan bodoh. orang yang rajin bekerja, ia akan kaya, tapi yang malas berusaha, ia akan miskin (www.id.wikipedia.com)

Filsafat Ilmu

Iden Wildensyah (250320070012)

Share:

0 komentar:

Postingan Populer