Ruang Sederhana Berbagi

Rabu, Oktober 09, 2013

Berinteraksi Melalui Soal

Jika selama ini anak pasif menerima soal-soal matematika, cobalah untuk membuatnya lebih aktif dalam membuat soal.

Saran ini terinspirasi dari paparan Prof Iwan Pranoto dalam sebuah seminar pendidikan matematika di sebuah sekolah di Kota Bandung.

Dengan membuat soal sendiri, anak memiliki soal tersebut. Harapannya, soal matematika menjadi tidak menakutkan lagi bagi dirinya. Matematika dengan mudah bisa dikenali dan dikerjakan dengan baik oleh anak-anak.

Jangan dikira membuat soal itu mudah, terkadang lebih sulit dari menjawab. Akan tetapi dalam bentuk pembelajaran aktif, anak harus mencoba membuat soal tersendiri. Variasinya bisa membuat soal untuk teman dan juga untuk dikerjakan sendiri.

Melalui soal juga, kita berinteraksi dengan anak. Kita bisa mengenal anak per anak melalui soal-soal yang ia buat sendiri. Anak yang cari aman, anak yang tertantang, dan anak yang biasa saja. Maka berinteraksilah dengan soal-soal yang dibuat sendiri dan anak-anak akan menyenanginya.

Nah, mari kita coba!

Share:

0 komentar:

Postingan Populer