Ruang Sederhana Berbagi

Rabu, Mei 29, 2013

Dari Karya ke Karakter

Sebuah karya bisa menjelaskan pembuatnya. Karya menggambarkan seorang yang ulet, telaten, baik, pemarah, grasa-grusu, sabar, tidak sabar, dan sifat-sifat lainnya yang ada di anak. 
Karya juga menjadi sebuah bentuk inspirasi anak-anak untuk mengalami pengalaman mewujudkan sesuatu. Memberi pengalaman tentang kemandirian menghasilkan sesuatu. Mandiri untuk hidup dan tidak tergantung dari siapa pun selain Tuhan, tentu saja! 
Kemandirian anak adalah salah satu tujuan sekolah dan orangtua. Secara perlahan anak-anak dikenalkan pada dunia dan mereka harus memberikan makna kehidupannya pada dunia. Tidak tergantung lagi pada orangtua. Di jaman yang serba instan dan semua sudah tersedia ini, kemandirian untuk melakukan sesuatu, menghasilkan sesuatu adalah sebuah tantangan bersama.
Berkarya adalah salah satu solusi membangun kemandirian dan mengenal setiap pribadi anak. Jadikan berkarya sebagai keseharian yang kemudian akan menjadi kebiasaan. Jika sudah jadi kebiasaan yang menempel maka karakter anak yang mandiri bisa terwujud.
Karya anak tentang maket Desa Wayang
Share:

0 komentar:

Postingan Populer