Ruang Sederhana Berbagi

Senin, September 19, 2016

Belajar Budidaya Lebah Madu di Cikurutug

Awan mendung menggelayut di Kota Bandung tidak mengurungkan niat saya untuk belajar ke tempat budidaya lebah madu di Cikurutug, Ciburial, Kabupaten Bandung. Belajar tentang cara pembudidayaan lebah madu yang akan berguna saat memelihara lebah madu di sekolah.

Berangkatlah saya dengan memacu kendaraan membelah wilayah Dago menuju Ciburial sambil berharap tak turun hujan di tengah perjalanan. Bersyukur, jalanan tak macet siang itu. Waktu tempuh yang diperkirakan akan lebih dari 30 menit kenyataannya bisa saya percepat menjadi 10-20 menit saja untuk sampai di lokasi.


Nama jalan Cikurutug sudah terlihat selepas melewati tempat ngopi ‘Kopi Ireng’. Berbelok ke arah kanan setengah menanjak dengan jalan beton yang mulus. Dari arah jalan raya jarak menuju lokasi budidaya tidak terlalu jauh. Jalan buntu di depan kemudian parkir kendaraan di tempat yang luas. Selepas itu menuju jalan kecil menurun melewati tangga-tangga.


Sarang Budidaya Lebah Cikurutug (Iden Wildensyah)
Pak Aep, sudah menunggu di depan rumah yang dijadikan tempat untuk menerima tamu yang akan belajar budidaya lebah madu. Dengan ramah Pak Aep menyambut saya, hal yang sama ia lakukan juga kepada tamu-tamu yang datang ke lokasi budidaya lebah madu yang ia kelola. Setelah dipersilahkan duduk di selasar rumah yang ada di samping. Sebuah meja dikelilingi meja tertata dengan rapi. Spanduk tentang kegiatan di tempat budidaya lebah madu terpampang jelas di depan kami. Dokumentasi kegiatan yang pernah dilakukan seperti para peserta yang sedang memegang sarang lebah, peserta yang sedang memegang lebah secara langsung, dan kegiatan lainnya di lokasi budidaya menjelaskan apa saja yang sudah pernah dilakukan oleh Pak Aep beserta timnya di tempat budidaya tersebut.

Beberapa sarang lebah madu di sekitar rumah terpasang dengan baik. Ada yang di bawah bangunan panggung, di sela-sela pohon cantigi, di antara bunga terompet, dan juga di samping rumahnya. Lebah madu bersileweran ke sana kemari, ada yang baru datang, ada juga yang hendak keluar sarang. Dalam Islam, Al Qur'an menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (Lebah Madu). Dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69 tertulis: "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir".

Pak Aep kemudian bercerita tentang budidaya lebah madu yang dikelolanya. Mulai dari sejarah sampai peluang usaha yang didapatkan dari budidaya lebah madu tersebut. Tak lupa ia juga bercerita tentang jenis-jenis lebah yang ada di sekitar lokasi budidaya. Kemudian peluang dan tantangan yang harus dihadapi saat membudidaya lebah madu. Lebah madu dalam bahasa sunda disebut juga nyiruan, ada juga odeng, dan tiweul atau di sebut juga lebah klanceng atau Apis trigona (saya tak jelas menuliskanya) (tiweul sejenis lebah madu yang kecil dan sering bersarang di dalam bambu, di sela-sela tembok, dan di pagar serta tempat lainnya yang aman. Ukurannya kecil sehingga tak banyak yang tahu jika binatang ini menghasilkan madu).

Apis Trigona

Lebah klanceng (Apis Trigona) merupakan jenis lebah madu yang paling banyak dipelihara secara tradisional oleh masyarakat pedesaan sekitar kawasan hutan se-Indonesia. Lebah ini tidak memiliki sengat dan tidak ganas. Ukurannya sangat kecil dengan fungsi sebagai penyerbuk bunga-bunga kecil. Dalam bahasa Jawa, Apis Trigona disebut malam klanceng atau lonceng, teuweul (Sunda), gala-gala (lilin lebah).
Teuweul (Apis Trigona) (Iden Wildensyah) 

Umumnya lebah madu Apis indica dan klanceng trigona sp dipelihara secara tradisional dengan gelodok yang pembuatannya meniru rumah-rumah lebah yang ada di rongga-rongga batang pohon besar atau gua yang terlindung dari terik matahari dan hujan. Rumah tiruan dibuat dari batang kelapa (pucuk), kayu randu (kapuk), kayu pucung atau batang pohon lain yang berkayu lunak.

Secara alami, serangga trigona sp membuat sarang di lubang-lubang pohon, celah-celah dinding dan lubang bambu di dalam rumah yang agak gelap. Untuk keamanan, tempat keluar masuk berbentuk lubang kecil sepanjang 1 cm yang diselimuti zat perekat. Sarang tersusun atas beberapa bagian buat menyimpan madu, tepung sari, tempat bertelur dan tempat larva. Di bagian tengah ada karangan bola berisi telur, tempayak dan kepompong. Di bagian sudut ada bola-bola kehitaman sebagai penyimpan madu dan tepung sari.

Lebah ini menghasilkan madu dan lilin yang diproduksi sangat kecil, rasanya asam dan sering dipakai untuk obat sariawan. Sedangkan lilinnya dipakai untuk membatik. Lebah pekerjanya berwarna hitam, berkepala besar dan berahang tajam untuk menggigit musuh bila diganggu. Perut lebah ratu sangat besar dengan sayap pendek. Ukurannya sebesar 3-4 kali lebah pekerja. Karena sangat gemuk dan tidak pandai terbang, lebah ini tidak suka berpindah-pindah tempat kecuali bila sarangnya terlampau tua dan buruk atau lilinnya keras.

Beda Bunga Beda Rasa Madu

Jenis lebah ini menentukan jenis madu yang dihasilkannya. Madu berhubungan dengan nektar bunga. Banyaknya bunga akan menghasilkan banyak jumlah madu. Rasa madu juga dipengaruhi oleh jenis bunga yang tumbuh di sekitar lokasi budidaya dan lebah yang mengisap nektarnya. Kuantitas madu tidak bisa diukur secara matematis. Terlebih perubahan cuaca yang mendadak kemudian berpengaruh pada bunga yang muncul dari setiap tanaman. Musim hujan adalah puncaknya lebah menghasilkan madu karena musim hujan membuat tanaman atau pohon-pohon besar berbunga. Dengan dasar ini, salah satu konservasi yang dilakukan oleh Pak Aep dan kawan-kawan ada menanam banyak bunga di sekitar lokasi. Banyaknya bunga sangat disukai oleh lebah dan hal ini yang membuat lebah betah untuk hidup di sekitarnya. Ingat yah! Lebah bisa kabur lho dari sarangnya kalau ia tak betah.

Perasaan, Pak Aep menyampaikan hal ini kepada saya saat bertanya tips membawa pindah lebah madu. Lebah adalah hewan yang sangat perasa, ia sangat peka dengan perasaan ini. Ingatan sayapun kemudian melayang ke workshop di Sekolah Waldorf, Jagad Alit Waldorf saat membahas thinking, feeling, dan wiling. Dijelaskan bagaimana seekor hewan memiliki perasaan yang sama dan kadang hewan dijadikan bahan terapi untuk mengasah perasaan ini untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Lebah ternyata sangat peka dengan perasaan ini, memeliharanya tidak sekadar memindahkan sarang kemudian tinggalkan begitu saja. Pak Aep mengatakan wilayah sekitar harus mendukung kehidupan lebah madu, salah satunya adalah bunga yang bermekaran yang tumbuh di wilayah sekitar.

Sambil berjalan di lokasi budidaya, Pak Aep sesekali menunjukan sarang-sarang lebah yang sedang berkembang tetapi belum bisa dipanen. Demikian juga dengan tiweul, lebah kecil yang dikatakan sebelumnya. Nektar tiweul ini ternyata sangat manjur, mereka menggunakannya untuk menutup lubang yang ada di setiap sela bambu. Tak terasa, waktu terus berlalu. Saya pun menyudahi sesi belajar langsung di lokasi budidaya tersebut. Langit yang sedari tadi mendung menahan gelayut awan pembawa hujan tak tahan lagi. Rintik-rintik hujan sudah turun secara perlahan. Hujan pun turun mengiringi kepulangan saya menuju Kota Bandung.
Share:

0 komentar:

Postingan Populer