Ruang Sederhana Berbagi

Jumat, Juli 26, 2013

Hari Puisi

Hari ini tanggal 26 Juli adalah hari puisi. Mengingat puisi berarti mengingat sosok dibalik sejarah sastra yang melegenda. Namanya Chairil Anwar. Saya mengetahui dia melalui pelajaran bahasa Indonesia waktu kelas 4 SD saat harus menghapal sajak Aku. "Aku ini binatang jalang dari kumpulan terbuang" "Aku ingin hidup seribu tahun lagi" dan masih banyak lagi puisi-puisi yang harus diingat.
Puisi adalah rangkaian kata-kata indah yang ditulis dengan penuh penghayatan perasaan dan refleksi penulisnya. Tidak semua orang bisa menulis puisi, persis dengan tidak semua orang bisa menulis.
Tidak semua penulis bisa menulis puisi tetapi semua penulis puisi rata-rata bisa menulis.
Hari Puisi ini harusnya menjadi bagian utuh dalam mengapresiasi sastra. Sebuah kegiatan yang sangat mendalam tentang menghargai karya puisi. Di sini, sekolah ini, puisi adalah sebuah rangkaian kata indah. Membaca puisi membuat kita bisa terjatuh dalam keasyikan yang tidak bisa digambarkan.
Memaknai puisi ternyata bisa beragam, bagi seorang pelukis, puisi bisa tergambar dari lukisan yang indah. Bagi seorang penyuka fotografi, foto indah adalah puisi terindah. Dan bagi saya, alam ini adalah puisi yang sangat indah.
Keindahan puisi merasuk ke dalam jiwa, memenuhi setiap relung yang kosong.
Hari puisi ini adalah sebentuk apresiasi bagi alam ini yang indah. Jangan lupa, keindahan ini bisa rusak oleh perilaku tidak baik manusia. Maka marilah menjadi manusia baik untuk menjaga alam yang indah ini, puisi terindah dari Tuhan untuk kita semua
Seindah Puisi #haripuisi
Share:

0 komentar:

Postingan Populer