Ruang Sederhana Berbagi

Kamis, Februari 23, 2012

The Crucidle

''Buku ini diawali dengan telaah atas the crucidle'' (pengantar Buku Atlas Budaya Islam)

Saya baru membaca sebuah kalimat di atas sebelum memasuki lembaran-lembaran selanjutnya. Tetapi yang menarik perhatian saya sebelum masuk ke tema adalah The Crucidle. Yah, the crucidle yang berarti peleburan. Peleburan dalam konteks ini adalah realitas sejarah di mana Islam - sebagai agama, budaya, dan peradaban.

Dari kata The Crucidle ini kemudian mewujud sebuah buku atlas yang sangat besar. Ide-idenya kemudian berkembang menjadi sebuah karya besar tentang perjalanan sejarah, budaya dan peradaban dunia. Inilah yang menurut saya menarik.

The crucidle, kemudian saya tangkap. Saya menangkapnya sebagai gagasan awal yang bisa menjadi awal untuk sebuah karya besar. Saya bukan itu saja, ada banyak ide-ide besar lainnya yang muncul. Tetapi, sebagai permulaan, saya tangkap dulu The Crucidle.

Sip, menulis kembali, mencatat kembali dan kembali menulis.

Share:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hebat!

Postingan Populer