Ruang Sederhana Berbagi

Kamis, April 15, 2010

Ide yang Sama

Pernah melihat tulisan serupa tapi tak sama? Saya sering, bahkan beberapa ide ceritanya mirip, hanya saja ada beberapa bagian yang berbeda. Misalnya penyajiannya, penuturannya dan tentu saja penulisnya. Pada mulanya saya merasa sudah dicuri ide, tetapi setelah ditelusuri ternyata berbeda. Sayapun anggap sebagai bagian utuh cerita yang saling melengkapi.

Ilustrasi diunduh dari Google.com 
Misalnya tentang facebook, lebih dari sepuluh penulis yang menulis tentang facebook. Banyak dinamika facebook yang menjadi sorotan penulis kompasiana, dari mulai statusnya, isinya dan efeknya. Efek.. Ah lagi-lagi saya menulis efek facebook yang fantastis.

Bagi saya, keadaan ini menunjukan bagaimana besarnya dan mahalnya ide. Seorang yang memiliki energi ide yang besar adalah potensi bagi dirinya, orang lain dan lingkungannya. Beruntunglah mereka yang masih selalu berputar-putar idenya bahkan ketika melakukan apapun selalu terpikir ide menulis dan celakalah mereka yang kehabisan ide. Habis ide berarti kematian bagi penulis. Penulis yang notabene harus selalu punya ide untuk menjadi bahan tulisannya, jika tiba-tiba saja kehilangan ide maka sudah pasti dia mati karya. Saya berpikir lalu menulis maka saya ada. Keberadaan dilihat dari karya tulisnya.
Share:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

yups... aku juga sering ngeliat yg kek begituan, den... :D

Postingan Populer