Ruang Sederhana Berbagi

Sabtu, Oktober 20, 2012

Guru Inspiratif


Thank you for playing Mr. Dalton. I stand upon my desk to remind myself that we must constantly look at things in a different way (John Keating)
Dead Poets Society (splashnology.com)
Apa yang dirasakan setelah menonton film ini? Sebuah kekaguman, inspirasi, dan ketakjuban pada sosok guru bernama John Keating. Pelajaran penting yang saya dapatkan dari dia adalah selalu kreatif melihat segala sesuatu. Bahkan kalau perlu, tatanan konvensional harus didobrak untuk melihat sisi lain yang menarik.
John Keating bagi saya memberikan referensi tentang cara mengajar yang kreatif, menginspirasi murid dengan berbagai cara. Catat menginspirasi, guru selayaknya demikian. Persis seperti yang dilakukan oleh John Keating yaitu menginspirasi. Dari hal-hal sederhana yang biasa dilakukan murid-murid sampai hal-hal yang diluar kebiasaan murid. Inilah sejatinya guru yang menginspirasi.
Guru yang menginspirasi lebih ‘kena’ daripada sekedar mengantarkan materi saja. Menginspirasi murid berawal dari guru yang inspiratif. Guru dan murid saling menginspirasi, murid ke guru dan guru ke murid. Demikian seterusnya, saling menginspirasi satu sama lain. Jika ini terjadi, saya yakin cita-cita belajar menyenangkan sepanjang hayat akan terus berjalan dengan lancar. Hambatan akan dijadikan inspirasi untuk terus belajar dan belajar.(Iden Wildensyah)
Share:

0 komentar:

Postingan Populer